Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLIKASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM SISTEM PENILAIAN HARIAN BERSAMA MAPEL FIQH DI MTSMODEL IHSANIYAH KOTA TEGAL

Achmad, Rofiq and Nur, Cholid (2020) IMPLIKASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM SISTEM PENILAIAN HARIAN BERSAMA MAPEL FIQH DI MTSMODEL IHSANIYAH KOTA TEGAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Achmad Rofiq_18200011190_Magister_PAI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Problem penilaian yang dialami oleh dewan guru terkait tidak seragam dalam menilai, menimbulkan kesulitan dalam pengambilan keputusan kepala sekolah serta bentuk pertanggung jawaban pada orang tua siswaDari problem itu perlu ada solusi agar penilaian yang menjadi hak prerogatif guru menjadi mudah diawase dengan penilaian harian bersama pada MTs. Ihsaniyah Kota Tegal. Pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua, untuk mengetahui sistem penilaian harian bersama, dan implikasi kerjasama guru dan orang tua dalam sistem penilaian harian bersama mapel fiqih di MTs. Model Ihsaniyah Kota Tegal Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang diarahkan untuk mendapatkan bukti faktual dilapangan mengenai pelaksanaan kerjasama guru dan orang tua, sistem penilaian harian bersama dan implikasi dari kerjasama guru dan orang tua dalam sistem penilaian harian bersama.bukti faktual tersebut diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasai. Hasil penelitianyang dapat disimpulkan melalui penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan kerja sama guru dan dan orang tua dalam system penilaian harian bersama mapel fiqih di MTsModel Ihsaniyah Kota Tegal Ada tiga pelaksanaan kerjasama yaitu kerjasama pra penilaian harian bersama, kerjasama dalam dokumen penilaian harian bersama, dan kerjasama pasca penilaian harian bersama. 2) Sistem penilaian harian bersama mapel fiqih di MTs. Model Ihsaniyah Kota Tegal berupa penilaian harian bersama meliputi Pelajaran fiqih dan feedback hasil penilaian. Pada siklus penilaian harian mevsputi, Pembentukan panitia dan pengawas penilaian harian, penyetoran soal dari guru mata pelajaran, pelaksanaan penilaian harian, panitia mengedarkan lembar jawab setelah guru mata pelajaran mengoreksi dan memberikan penilaian wali kelas menghimpun lembar jawab hasil penilaian. setelah lembar jawab diterima oleh orang tua dan orang tua siswa mengembalikan lembar jawab. 3) Implikasi kerja sama guru dan orang tua dalam sistem penilaian harian bersama mapel fiqih di MTsModel Ihsaniyah Kota Tegal memiliki lima implikasi berupa peningkatan koordinasi guru mapel fiqih dengan orang tua. peningkatan nilai prestasi belajar anak atau siswa, peningkatan kualitas guru. peningkatan kepercayaan orang tua pada madrasah, peningkatan sarana prasarana pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 04:13
Last Modified: 27 Jan 2024 04:13
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4052

Actions (login required)

View Item View Item