Wahid Hasyim University | Digital Repository

EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS TINGKAT ATAS DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL

Zazuk, Mardliyah and Muh., Syaifudin (2020) EVALUASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS TINGKAT ATAS DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
zazuk mardliyah_18200011144_Pascasarjana.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter ini yang menjadikan siswa akan senantiasa berperilaku sesuai dengan kepribadian yang didambakan oleh semua orang. Oleh karena itu pendidikan karakter ini ditanamkan kepada siswa-siswi MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon. Permasalahan penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa kelas atas. 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa kelas atas. 3) Evaluasi atas pelaksanaan pendidikan karakter pada siswa kelas atas di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus? Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka kesiswaan dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasiSemua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa1) Pelaksanaan pendidikan karakter di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus yakni ini telah diimplementasikan. Implementasinya tidak hanya terjadi di kelas tetapi di luar kelas. Siswa-siswa bisa mengkolaborasi dan kerjasama dalam menyelesaikan setiap permasalahan. Mengambil informasi dan mengikuti contoh perilku baik yang terkandung dalam materi pembelajaran. Melaksanakan hafalan surat Yasin. hafalan asmaul husna, hafalan juz amma, dan seni kaligrafi. Karena nilai-nilai karakter yang ditekankan yakni 18 nilai-nilai karakter yang perlu dilakukan. 2) Faktor pendukung dalam pendidikan karakter kelas atas di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus yaitu pentingnya belajar memahami sikap ini agar siswa dapat memberikan manfaat dan mengambil contoh baik dari setiap perilaku atau sikap yang dilakukan. Adanya nilai kebersamaan dan kerjasama antar teman saat ada tugas, nilai kedisiplinan dalam berbagai hal, nilai kejujuran dan kebersamaan apabila interaksi dengan orang lain, nilai persatuan dengan teman, nilai kerukunan, nilai kesopanan dan nilai kebersamaan dalam menjunjung kreatifitas kelompok. Nilai-nilai tersebut bertujuan agar siswa mampu mengembangkan karakternya dan dilakukan dengan kontinyu atau dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor penghambatnya apabila ajakan teman yang kurang baik atau pengaruh perilaku yang kurang sopan, dan kurang kontinyu dalam melaksnaakan kebaikan. 3) Evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan karakter kelas ata di MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus ini melalui pengamatan guru kelas masing-masing terkait karakter dan perilaku yang dilakukan oleh siswa, selain itu evaluasi tersebut diupayakan sebagai perbaikan akhlak siswa. Sedangkan tinda lanjutnya yakni apabila ada perubahan baik bagi siswa tersebut dijalankan denga kebersamaan agar siswa tertanam jiwa yang baik dan berperilaku baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 03:56
Last Modified: 27 Jan 2024 03:56
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item