Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENUNJANG KUALITAS KINERJA GURU PAI DI KABUPATEN KUDUS

Wahyu, Widiyanto and Nanang, Nurcholis (2020) PERAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENUNJANG KUALITAS KINERJA GURU PAI DI KABUPATEN KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Wahyu Widiyanto_18200011197_Magister Pendidikan_PAI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

Peran tenaga kependidikan dalam membantu kinerja guru sangat dibutuhkan demi peningkatan-peningkatan tugas dan tanggungjawab guru dalam pembelajaran PAI. Permasalahan penelitian tersebut adalah 1) Peran tenaga kependidikan di MI NU Hidayatus Shibyan Temulus Mejobo Kudus. 2) Kualitas kinerja guru PAI di MI NU Hidayatus Shibyan Temulus Mejobo Kudus. 3) Peran tenaga kependidikan dalam menunjang kualitas kinerja guru PAI di MI NU Hidayatus Shibyan Temulus Mejobo Kudus. Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Peran tenaga kependidikan di MI NU Hidayatus Shibyan Temulus Mejobo Kudus telah dipilih melaksanakan tugasnya dengan maksimal, agar membantu tugas guru serta dapat maksimal dan sesuai tujuan serta guru dalam pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai materi yang disampaikan. Juga peran tenaga kependidikan tersebut sebagai pendamping utama dalam pelayanan kepada guru, dan menyiapkan perangkat-perangkat pembelajaran demi kelancaran guru dalam mengajar keperluan-keperluan yang dibutuhkan oleh madrasah untuk memperlancar roda pembelajaran di madrasah. 2) Kualitas kinerja guru di MI NU Hidayatus Shibyan Temulus Mejobo Kudus dalam hal pembelajaran sudah baik sesuai dengan tugas, yaitu melakukan tugas dengan baik sesuai kurikulum pembelajaran dan sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki. Begitu juga dapat mengikuti tata tertib yang berlaku dan sesuai dengan tugas dan tanggungjawab masing-masing guru, meski sebagian kecil ada yang belum maksimal dalam proses belajar mengajar. Guru memiliki etos kerja yang baik dan meningkat, mampu memanfaatkan alat-alat teknologi secara maksimal, dan kalau bisa menjadi momok perubahan dalam teknologi dan inovasi pembelajaran. 3) Peran tenaga kependidikan dalam menunjang kualitas kinerja guru PAI di MI NU Hidayatus Shibyan Temulus Mejobo Kudus yaitu tenaga kependidikan telah melakukan tugas secara umum sesuai tugas kepentingan atau yang diperlukan oleh guru, karena dari peran mereka guru dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal dan mampu memberi dorongan dalam menyelesaikan tugas dan tanggungjawab sebagai guru. Selain itu tenaga kependidikan sebagai pendamping utama dalam pelayanan kepada guru, dan keperluan-keperluan yang dibutuhkan oleh madrasah untuk memperlancar roda pembelajaran guru di madrasah. Dan dari madrasah memberi kesempatan guru untuk mengikuti kegiatan seperti workshopMGMP dan pelatihan-pelatihan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 03:50
Last Modified: 27 Jan 2024 03:50
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4046

Actions (login required)

View Item View Item