Wahid Hasyim University | Digital Repository

PEMBENTUKAN PERILAKU ISLAMI MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BUDAYA SEKOLAH DI SMK ISLAM SUDIRMAN I AMBARAWA DAN SMK ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA

Ulin, Niha and Sari, Hernawati (2020) PEMBENTUKAN PERILAKU ISLAMI MELALUI INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA BUDAYA SEKOLAH DI SMK ISLAM SUDIRMAN I AMBARAWA DAN SMK ISLAM SUDIRMAN 2 AMBARAWA. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Ulin Niha_18200011009_Pascasarjana.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pembentukan perilaku islami perlu ditanamkan sedini mungkin salah satu caranya melalui internalisasi nilai-nilai pendidikan agama islam pada budaya sekolah di SMK Islam Sudirman Ambarawa dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pembentukan perilaku islami di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa. (2) internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada budaya sekolah di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa. (3) pembentukan perilaku islami melalui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada budaya sekolah di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam dimensi ibadah, pembentukan perilaku islami adalah sholat secara berjama'ah dan ngaji al-Qur'an dengan baik. Terbentuknya perilaku islami berupa ibadah ini melalui program penanaman perilaku religius yang sudah membudaya di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa. Adapun dalam dimensi akhlak, pembentukan perilaku islami adalah akhlakul karunuh (sopan santun). kejujuran, kedisiplinan dan perilaku hidup sehat. (2) Secara umum keadaan internalisasi pendidikan PAI peserta didik di SMK Islam Sudirman 1 dan 2 Ambarawa tergolong dalam kategori menengah, hal tersebut dapat dipahami dari indikator pencapaian program sekolah. Salah satu hal dianggap paling mendasari internalisasi pendidikan agama Islam peserta didik adalah dari kondisi lingkungan dan keluarga (5S), kejujuran, kedisiplinan, dan pola hidup bersih. (3) Pelaksanaan program-program internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam pada budaya sekolah di SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa dan SMK Islam Sudirman 2 Ambarawa sudah dapat memberikan implikasi pada pembentukan perilaku islami peserta didik. Perkembangan tersebut dapat diamati melalui perubahan yang terjadi pada peserta didik di antaranya, kemampuan menunjukkan prilaku yang baik, kemampuan bersikap fleksibel, keengganan yang menyebabkan kerugian, dan kesadaran yang tinggi. Kesimpulannya agar sekolah selalu konsisten dalam menjaga, mempertahankan, dan mengembangkan budaya sekolah yang islami sehingga terbentuk perilaku islami melalui internalisasi pendidikan agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 03:48
Last Modified: 27 Jan 2024 03:48
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item