Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL-AKHYAR BAE KUDUS

Titik, Sumiati and Nur, Cholid (2020) PENGGUNAAN ALAT PERAGA EDUKATIF UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT AL-AKHYAR BAE KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Titik Sumiati_18200011168_Magister_PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: alat peraga edukatif, optimalisasi pembelajaran, PAI. Kedudukan alat peraga pembelajaran PAI ada dalam komponen metode mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi antara guru dan siswa serta interaksi antara siswa dengan lingkungan belajarnya. Melalui penggunaan alat peraga diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah desain alat peraga edukatif di SDIT Al-Akhyar Bae Kudus? (2) Sejauhmanakah penggunaan alat peraga edukatif untuk optimalisasi pembelajaran PAI di SDIT Al-Akhyar Bae Kudus ? (3) Apa saja kendala dan solusi penggunaan alat peraga edukatif pada pembelajaran PAI di SDIT Al-Akhyar Bae Kudus? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan. keikutsertaan peneliti. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Desain alat peraga edukatif di SDIT AlAkhyar Bae Kudus meliputi: (a) Perencanaan alat peraga PAI yang disesuaikan dengan prosedur dan aturan yang ada, (b) Pengadaan alat peraga PAI disesuaikan dengan dana dari sekolah dengan cara mengajukan permohonan bantuan ke sekolah dan dirapatkan bersama. (c) Penggunaan dan pemanfaatan alat peraga PAI memperhatikan kreatifitas guru yang bersifat terencana, terprogram sesuai dengan target yang akan dicapai. (d) Pemeliharaan alat peraga PAI bertujuan agar alat dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak mudah rusak. (2) Penggunaan alat peraga edukatif untuk optimalisasi pembelajaran PAI di SDIT Al-Akhyar Bae Kudus sebagai berikut; (a) Alat peraga edukatif yang digunakan untuk optimalisasi pembelajaran PAI meliputi alat peraga visual, alat peraga auditif dan alat peraga audiovisual. (b) Penggunaan alat peraga edukatif disesuaikan dengan materi pembelajaran PAI agar materi tersebut dapat tersampaikan dengan baik, dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa. (3) Kendala dan solusi penggunaan alat peraga edukatif pada pembelajaran PAI di SDIT Al-Akhyar Bae Kudus meliputi; (a) Alat tertentu yang dananya tidak dianggarkan sekolah. Solusinya guru bidang studi membuat alat sendiri dan sekolah mengusahakan donasi dari pihak lain. (b) Alat tertentu tidak mencukupi untuk sejumlah siswa. Solusinya guru menyuruh siswa untuk membawa/meminjamnya. (c) Tempat penyimpanan alat yang belum disediakan. Solusinya untuk sementara ditempatkan di ruang kantor, dan dibawa guru pulang ke rumah. (d) Alat yang tidak dijual di pasaran. Solusinya dengan membuat alat yang sederhana yang bahannya mudah didapatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 03:26
Last Modified: 27 Jan 2024 03:26
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item View Item