Solikin, Solikin and Mudzakkir, Ali (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK MELALUI LEMBAR KERJA GURU DAN PERMASALAHANNYA DALAM PRAKTIK ( Studi Kasus Pembelajaran Mata Pelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 2 Boja ). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Solikin_A1720058_Magister_PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Analisis Problematika Penilaian, Kurikulum 2013 Implementasi penilaian kompetensi sikap mata pelajaran PAI Kurikulum 2013 khususnya penilaian kompetensi sosial pada SMP Muhammadiyah 2 Boja perlu adanya solusi yang tepat agar berhasil dalam pelaksanaan penilaian kompetensi sosial di SMP Muhammadiyah 2 Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Permasalahan penelitian adalah : Suasana pembelajaran yang tidak kondusif, Penilaian yang banyak dan rumit, Rendahnya SDM Guru, Waktu yang pendek untuk penilaian, Ketersediaan guru yang terbatas di SMP Muhammadiyah 2 Boja. Kendala penilaian, Usia peralihan SD ke SMP. Pemahaman tentang agama kurang baik. Latar belakang keluarga. Lingkungan tempat tinggal. Sarana pra sarana yang kurang di SMP Muhammadiyah 2 Boja. Metode ideal untuk problematika penilaian adalah Penilaian diri. Penilaian antar teman. Jurnal kegiatan. Absensi kegiatan. Aplikasi penilaian di SMP Muhammadiyah 2 Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan kualitatif-deskriptif, sumber data dalam penelitian ini antara lain guru, kepala sekolah, peserta didik di SMP Muhammadiyah 2 Boja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan membercheck Hasil temuan menunjukan bahwa Penilaian Kompetensi Sosial di SMP Muhammadiyah 2 Boja : 1). Jujur. 2). Disiplin. 3). Bertangggungjawab. 4). Toleransi. 5). Gotong royong. 6). Santun atau Sopan. 7). Percaya diri. Kendala pelaksanaan penilaian sikap sosial pada SMP Muhammadiyah 2 Boja. Adalah 1).Usia peralihan dari SD ke SMP, 2) Pemahaman tentang agama kurang baik. 3). Latar belakang keluarga, 4). Lingkungan tempat tinggal, 5). Sarana pra sarana yang kurang di SMP Muhammadiyah 2 Boja. Metode ideal untuk problematika guru dalam penilaian kompetensi sikap sosial adalah dengan 1).Penilaian diri, 2).Penilaian antar teman, 3). Jurnal kegiatan, 4).Absensi kegiatan, 5). Aplikasi penilaian di SMP Muhammadiyah 2 Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 02:44 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 02:44 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4032 |
Actions (login required)
View Item |