Siti, Aisyah and Abdul, Wahib (2020) PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDIDIKAN DAN LATIHAN PROFESI GURU (Studi Kasus Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Siti Aisyah_A1720077_Pasca Sarjana_PAI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam, Pendidikan dan Latihan Profesi Guru. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru pemerintah sudah menggalakkan program sertifikasi tenaga pengajar.Diantara cara sertifikasi yang dilaksanakan adalah Pendidikan dan Latihan Profesi Guru ( PLPG ), termasuk Guru pendidikan Agama Islam pada sekolah Dasar ( SD ) di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang sebagian besar sudah mengikuti pendidikan dan Latihan Profesi Guru . Permasalahan Penelitian adalah Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar ( SD ) di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru.Faktor yang menghambat peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah dasar (SD ) di kecamatan Bandar Kabupaten Batang ,Faktor yang mendukung Peningkatan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar ( SD ) di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Penelitian ini merupakan deskriptif- kualitatif, sumber data dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah,Pengawas TK,SD,Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI ) dan Korwil Dinas pendidikan di kecamatan Bandar Kabupaten Batang .Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara ,Dokumentasi dan Observasi .Teknik analisisi data yang digunakan adalah observasi terus menerus ,reduksi data ,penyajian data,kesimpulan.Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar ( SD ) di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang pasca Pendidikan dan Latihan Profesi Guru dapat dikatakan “ Profesional “ guru-guru tersebut dapat menjalankan tugas pengajaran secara terukur,yang dilandasi dengan kurikulum pendidikan yang tepat sasaran. Profesionalisme ini didasarkan pada empat aspek kompetensi yaitu: a) Kompetensi pedagodik b) Kompetensi kepribadian, c) Kompetensi sosial, dan d) Kompetensi profesional. Faktor yang mendukung profesionalisme guru pendidikan Agama Islam antara lain : a) Faktor dari dalam ( pribadi guru ) antara lain yang berkenaan dengan latar belakang pendidikan ,pengalaman mengajar , penguasaan materi . b) faktor dari luar antara lain adanya lingkungan sekolah yang kondusif,kompetensi manajerial kepala sekolah .Faktor yang menghambat profesionalisme guru antara lain: a) tugas selain tugas sekolah, b) faktor usia yang minim akan penguasaan teknologi pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 27 Jan 2024 02:38 |
Last Modified: | 27 Jan 2024 02:38 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4028 |
Actions (login required)
View Item |