Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN KINERJA GURU PAI MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KUDUS

Saifudin, Saifudin and Mudzakkir, Ali (2020) PENINGKATAN KINERJA GURU PAI MELALUI SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
saifudin_ 18200011166_ Pascasarjana_PAI_20.pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini penulis mempunyai tujuan yaitu: 1) Menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan peningkatan kinerja guru PAI melalui supervisi pendidikan Islam. 2) Menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan peningkatan kinerja guru PAI melalui supervisi pendidikan Islam. 3) Menganalisis dan mendeskripsikan implikasi peningkatan kinerja guru PAI melalui supervisi pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan perencanaan peningkatan kinerja guru PAI melalui supervisi pendidikan Islam di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, merupakan tahapan awal dalam supervisi meliputi jadwal supervisi, program tahuhan, program semester, dan program supervisi pengajaran. 2) Peningkatan kinerja guru PAI melalui supervisi pendidikan Islam di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus menekankan aspek pembinaan dan bimbingan sebagai berikut: (a) Pembinaan, (b) Pemantauan, (c) Pembimbingan guru di sekolah, dan (d) Penilaian kinerja guru. Pelaksanaan kegiatan supervisi melalui teknik supervisi individu dan teknik kelompok. Teknik supervisi individu yang dilakukkan meliputi supervisi kunjungan kelas, supervisi observasi kelas, supervisi melalui pembicaraan individual dan teknik supervisi kelompok melalui pertemuan rapat rutin yang dilaksanakan setiap bulan sekali. Adapun pendekatan supervisi yang digunakan adalah pendekatan langsung dan tidak langsung namun pendekatannya lebih dekat dengan pendekatan supervisi manusiawi. 3) Implikasi pelaksanaan peningkatan kinerja guru PAI melalui supervisi pendidikan Islam Di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus yang telah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan secara efektif dapat memberikan implikasi terhadap kinerja guru PAI, yaitu lebih berkualifikasi dan berkompetensi. Antara lain: peningkatan kompetensi profesional guru baik dalam aspek penguasaan materi pelajaran, penguasaan standar kompetensi dasar mata pelajaran, pengembangan materi pelajaran sejarah kreatif, pengembangan keprofesionalan guru, pemanfaatan teknologi informasi, guru mampu membuat perencanaan pembelajaran dengan baik dan tertib, proses pembelajaran menjadi lebih terarah dan teratur, guru lebih tertib, percaya diri, dan disiplin

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 02:17
Last Modified: 27 Jan 2024 02:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item