Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI METODE CERITA BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-ADHHAR CIKEUSAL KIDUL-BREBES

Nursyarip, Nursyarip and Sari, Hernawati (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEJUJURAN MELALUI METODE CERITA BIOGRAFI KHULAFAUR RASYIDIN DALAM PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-ADHHAR CIKEUSAL KIDUL-BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Nursyarip_ 182000111192_ Pascasarjana_PAI_20.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Kejujuran merupakan nilai kehidupan mendasar yang paling penting yang harus diajarkan pada siswa. Mengajarkan siswa untuk berkata, bersikap dan berperilaku jujur akan menjadi pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya kelak. Sebab penanaman ilmu sejak dini umumnya akan cenderung lebih mudah diserap anak dan ditanamkan hingga mereka dewasa sehinga menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Penerapan sikap jujur dalam kehidupan kita itu sangat perlu dan dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari. Karena sikap jujur itu adalah sikap yang baik dan terpujiKejujuran sangat penting bagi setiap orang dan kita harus terbiasa menanamkan serta menerapkan kejujuran itu dalam kehidupan sehari hari. Kejujuran sangat di perlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam lingkungan sekolah, kejujuran sangat diperlukan agar rasa kekeluargaan antar warga sekolah yang ada dapat terjaga dan terbentuk dengan baik. Penerapannya sangat diperlukan sejak mereka mulai berinteraksi dengan teman-temannya dan guru-gurunya. Hal itu di mulai dari usia dini dan pada lingkungan sekolah bisa di terapkannya sikap jujur supaya bisa terjalin lebih erat dan tidak ada kata bohong di dalam pergaulan. Sikap jujur tersebut bisa diterapkan jika seorang siswa itu melakukan sesuatu yang terjadi antara lain: Jika bersalah harus mengakui kesalahanya, antara ucapan dan perbuatan harus sama, memberitakan sesuatu hal yang baik kepada orang tua ataupun kedalam lingkungan masyarakat, memegang dan menjalankan amanah dengan baik. Beberapa program kegiatan di MTs Al-Adhhar Cikeusal kidul dalam mengajarkan kejujuran pada siswa melalui 1) Infak Jum'atan 2) Shalat Dhuhur Berjama'ah Tadrus Al-Qur'an 4) Kantin Kejujuran. Program-program kegiatan kegiatan tersebut ditopang dengan penanaman nilai- nilai keimanan dan keteladanan yang ditunjukkan dalam metode cerita keteladanan Khulafaur Rasyidin dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Sehingga keteladanan dalam cerita Khulafaur Rasyidin bisa ditiru dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 27 Jan 2024 01:47
Last Modified: 27 Jan 2024 01:47
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4019

Actions (login required)

View Item View Item