Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIDKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN KKG SE KECAMATAN SEMARANG TENGAH

Muksin, Muksin and Ifada, Retno Ekan (2020) UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIDKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR MELALUI KEGIATAN KKG SE KECAMATAN SEMARANG TENGAH. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Muksin_A1710001_Pasca Sarjana_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Strategi, KKG, Kinerja Guru, PAI. Peningkatan kinerja guru PAI salah satunya dipengaruhi oleh ketepatan strategi KKG PAI. Berbagai kebijakan dikembangkan oleh KKG dalam menjalankan fungsi dan tujuannya di sekolah guna meningkatkan kompetensi guru. Sesuai kondisi GPAI, KKG mengembangkan berbagai strategi untuk dapat meningkatkan kinerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis: (1) Mendiskripsikan program-program yang telah di laksanakan KKG PAI, (2) Mendiskripsikan peningkatan kulitas dan kinerja guru, dan (3)Mendiskripsikan dan menganalisis kendala dan dampak terhadap peningkatan profesioanal guru terhadap pengajaran guru dikelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui credibility dan transferability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Mendiskripsikan program-program yang telah di laksanakan KKG PAI adalah dengan mengadakan pertemuan rutin yang diawali dengan mengadakan pelatihan-pelatihan,(2 Mendiskripsikan peningkatan kulitas dan kinerja guru diwujudkan dengan memberikan bimbingan dalam mengefektifkan pembelajaran, mengadakan bimbingan penyuluhan guna membantu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas dan skill GPAI, (3) kendala KKG dalam meningkatkan kinerja guru PAI adalah minimnya sarana prasarana penunjang pembelajaran PAI, ditambah lagi dengan rendahnya kemampuan GPAI untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, serta diperparah dengan sering bergantinya kurikulum.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:04
Last Modified: 26 Jan 2024 09:04
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4013

Actions (login required)

View Item View Item