Murdiati, Murdiati and Nanang Nurcholis, Nanang (2020) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRAKTIK IBADAH DAN KEDISIPLINAN SISWA SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
MURDIATI_18200011153_Pascasarjana_PAI_20.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Guru PAI, dan Praktik Ibadah, kedisiplinan Pembelajaran PAI di SMP NU Putri Nawa Kartika mengupayakan kepada guru PAI agar pada saat pembelajaran tersebut disertai dengan adanya praktik ibadah dan kedisiplinan. Permasalahan penelitian tersebut adalah 1) Strategi guru PAI dalam peningkatkan praktik ibadah pada siswa SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. 2) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus? 3) Kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan praktik ibadah dan kedisiplinan pada siswa SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan praktik ibadah pada siswa SMP Putri NU Nawa Kartika Kudus yakni, siswa diajari dengan metode. menghafal bacaan atau lafalnya, mencontoh gerakan atau praktikan yang dilakukan guru atau demonstrasi, dan pembiasaan baik di sekolah maupun di rumah agar siswa mampu berlatih dalam berperilaku baik dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran PAI di SMP Putri NU Nawa Kartika Kudus yaitu metode gabungan dari beberapa metode seperti metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan latihan pembiasaan. (2) Strategi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan siswa SMP Putri NU Nawa Kartika Kudus yaitu adanya tata tertib yang berkaitan dengan siswa berseragam, tata tertib dalam pembelajaran, dan tata tertib dalam mematuhi aturan yang berlaku di sekolah, dan sedikit memaksakan karena kurang sadarnya murid mengenai kesunahan dan manfaat beribadah yang menjadikan lebih baik dan bertumbuhnya rasa kedisiplinan. juga dalam pelaksanaan praktek ibadah atau agar siswa melaksanakan ibadahnya dengan disiplin. Hal ini memberikan dampak baik kepada siswa untuk membiasakan tertib dan disiplin dalam pembelajaran, maupun dalam kehidupan sehari-hari. (3) Kendala strategi guru PAI dalam meningkatkan praktik ibadah dan kedisiplinan siswa SMP Putri NU Nawa Kartika Kudus yakni sarana dan prasarananya yang masih kurang, kurang adanya perhatian dari orang tua terhadap ibadah anak, tidak dibiasakan melakukan praktek ibadah di rumah atau di luar sekolah. Selain itu kurang mentaati tata tertib, dan mengikuti aturan guru dalam pembelajaran. Solusinya yakni menyediakan prasarana atau melaksanakan praktik ibdah dikelas masing-masing, memberikan motivasi untuk selalu disiplin, dan memberi arahan dan penjelasan kepada siswa tertentu yang kurang teratur agar selalu berdisiplin dan mampu melaksanakan ibadah dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 09:16 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 09:16 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4012 |
Actions (login required)
View Item |