Wahid Hasyim University | Digital Repository

MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL IKHLAS – BERAN BLORA

Muhtadi, Muhtadi and Sari, Hernawati (2020) MODERNISASI SISTEM PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL IKHLAS – BERAN BLORA. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Muhtadi_1710053_Pascasarjana_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Modernisasi, Pendidikan Pesantren Pesantren akan tetap survive dan menjadi lembaga ideal sebagai kebutuh pendidikan masyakat bila pesantren terus bergerak maju melakukan perubahan yang lebih baik dan sesuai zamannya. Pada era modern ini pesantren dituntut memodernisasi segala aspek yang ada khususnya aspek pendidikan dengan tujuan pesantren mampu bersaing dengan lembaga lain. Kondisi ini terjadi pada pesantren Salafiyah Al Ikhlas Beran Blora yang merubah pola pendidikannya kearah modern. Sebagaimana latar belakang masalah, tujuan yang diteliti ini adalah apa yang melatarbelakangi modernisasi pendidikan pesantren Salafiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan studi fenomenologis, pengambilan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dari modenisasi pendidikan Pesantren Salafiyah Al Ikhlas Beran Blora adalah pesantren yang awalnya salaf murni kemudian moderkan dengan mengadopsi pesantren modern. Yang melatar belakangi modernisasi pendidikan adalah respon terhadap perubahan zaman dan komitmen tetap menyuguhkan pola pendidikan yang fungsional untuk mensikapi berbagai tantangan dan rintangan dalam dunia pendidikan. Proses modernisasi secara umum sudah modern dalam hal administrasi Kurikulum yang tidak hanya menggunakan yang lama, tetapi integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum, metode pembelajarannya bervariasi dan dengan di dirikannya lembaga pendidikan formal untuk megintegrasikan keilmuan agama dengan umum. Dalam segi sarana dan prasarana sudah memadai, mulai dari tempat tinggal santri, pengurus, fasilitas pendidikan maupun kegamaan. Dan dari segi organisasi dengan pembagian job kerjanya dan pembuatan program kerja. Sedangkan implikasi dari modernisasi sistem pendidikan pondok pesantren terhadap budaya masyarakat terlihat jelas pengaruhnya. Mulai dari pendidikan yaitu diterimanya lulusan sebagai pendidik di lembaga pendidikan formal juga pengadilan, sistem religi masyarakat, akan kesadaran mereka untuk memperkokoh keagamaannya. Sistem keorganisasian masyarakat yang sudah terbentuk dan juga mengadakan kegiatan rutinan berupa jamaah tahlil dan yasin setiap sebulan sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:58
Last Modified: 26 Jan 2024 08:58
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4011

Actions (login required)

View Item View Item