Moh, Arifin and Nanang, Nurcholis (2020) IMPLIKASI NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI MIN KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Moh Muarifin_18200011145_ pascasarjana_PAI_20.pdf Download (30MB) | Preview |
Abstract
Dekadensi moral generasi bangsa ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan yang selama ini diselenggarakan kurang menyentuh pada pembentukan karakter siswa. Madrasah telah mengembangkan pendidikan berbasis karakter, yang tidak hanya mengedepankan kualitas akademikakan tetapi juga pembangunan karakter peserta didikNilai karakter religius merupakan nilai yang mendasari pendidikan karakter yang harus ditanamkan sejak dini. Permasalahan penelitian ini adalah; 1) Bagaimanakah pendidikan karakter di MIN Kudus?, 2) Bagaimanakah penanaman nilai religius dalam pendidikan karakter di MIN Kudus? 3) Bagaimanakah implikasi penanaman nilai religius dalam pendidikan karakter terhadap proses pembelajaran di MIN Kudus? 4) Apa saja faktor penghambat dan pendukung penanaman nilai religius dalam pendidikan karakter di MIN Kudus? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasiSumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. wawancara kepala madrasah, guru, siswa. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan. keikutsertaan peneliti. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penanaman pendidikan berbasis karakter di MIN Kudus dilaksanakan sesuai kurikulum yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Tahapan penanaman pendidikan karakter di MIN Kudus yaitu perencanaan, penanaman dan evaluasi. Penanaman nilai-nilai karakter di MIN Kudus diberikan melalui keteladanan, pembiasaan, dan pengulangan dalam kehidupan sehari-hari. Madrasah juga menciptakan suasana dan lingkungan yang aman dan nyaman, dalam proses penanaman nilai-nilai karakter. 2) Penanaman nilai religius dalam pendidikan karakter di MIN Kudus dilaksanakan melalui, a) Program pengembangan diri yang terdiri dari kegiatan-kegiatan rutin vang ada di sekolah. kegiatan spontan vang dilakukan guru pada siswa, keteladanan yang diberikan guru, dan pengkondisian sekolah yang diciptakan sedemikian rupa. b) Penanaman melalui mata pelajaran dengan cara menyisipkannya dalam materi pelajaran atau pesan-pesan moral dari guru dan, c) Melalui budaya sekolah yang terdiri dari budaya yang ada di kelas, sekolah, dan luar sekolah, 3) Implikasi penanaman nilai religius dalam pendidikan karakter terhadap proses pembelajaran di MIN Kudus yaitu siswa terbiasa melaksanakan ibadah, menghormati guru, keakraban dengan teman yang lain, memiliki kepedulian terhadap orang lain yang terkena musibah toleran terhadap agama lain, dan taat pada peraturan. 4) Faktor pendukung penanaman nilai religius dalam pendidikan karakter di MIN Kudus yaitu: a) Kepala sekolah dan guru rata-rata sudah paham akan konsep pendidikan karakter b) Sarana dan prasarana yang menunjang dalam kegiatan belajar mengajar, c) Peran aktif kepala sekolah dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Adapun faktor penghambatnya yaitu: a) Kurangnya partisipasi orang tua dalam penanaman pendidikan karakter. b) Faktor lingkungan siswa, c) Tidak terdeteksinya semua perilaku peserta didik oleh guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:16 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:16 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4003 |
Actions (login required)
View Item |