Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENERAPAN PENILAIAN KELAS PADA MAT PELAJARAN PAI DALAM MENGUATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDE LANGENSARI 03 KEC.UNGARAN BARAT

Mauidatul, Chasanah and Sari, Hernawati (2020) IMPLEMENTASI PENERAPAN PENILAIAN KELAS PADA MAT PELAJARAN PAI DALAM MENGUATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SDE LANGENSARI 03 KEC.UNGARAN BARAT. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Mauidhatul Chasanah_A.1720072_Pascasarjana_PAI_20.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah penilaian kelas mengupayakan atau memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Peserta didik mampu berpikir kritis, analitis, sistematis dan logis untuk menemukan altenatif pemecahan masalah tersebut, agar tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas penggunaan penilaian kelas dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SDN Langensari 02 Ungaran Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan penelitian yang sistematis, logis, dan teliti di dalam melakukan kontrol terhadap kondisi. Dalam penelitian ini peneliti memanipulasikan sesuatu stimulan atau treatman atau kondisi-kondisi eksperimental, sehingga mengetahui pengaruh yang diakibatkan oleh adanya perlakuan atau manipulasi tersebut. Instrumen penelitiannya menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa yang menggunakan model penilaian kelas lebih baik daripada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan penilaian kelas karena ukuran keberhasilan adalah penilaian kelas. Rata-rata (mean) hasil belajar pada kelas eksperimen hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak identik atau berbeda secara nyata. Rata- rata awal kelompok kontrol adalah 66,44 dan kelompok eksperimen adalah 68.22. Setelah dilakukan perlakuan dengan menerapkan model penilaian kelas rata-rata tes akhir kelompok eksperimen meningkat menjadi 80, sedangkan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan model penilaian kelas tidak mengalami peningkatan yang signifikan yaitu rata-rata tes akhir siswa hanya 67,78. Sehingga dapat dikatakan bahwa model penilaian kelas untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa SDN Langengsari 03 Ungaran Barat. Sehingga penelitian ini diharapkan dapat dikemukakan suatu pemikiran tentang pembelajaran yang menggunakan penilaian kelas dalam pembelajaran PAI secara kompeherensif dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 26 Jan 2024 08:13
Last Modified: 26 Jan 2024 08:13
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/4002

Actions (login required)

View Item View Item