Khoiri, Nikmah and Mudzakkir, Ali (2020) ANALISIS PERAN DAN UPAYA GURU PAI SEBAGAI INSPIRATOR DAN MOTIVATOR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI MI NU 01 DAN MI NU 02 PURWOSARI KOTA KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Khoiri Nikmah_18200011147_Magister_PAI.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Peristiwa yang terjadi yang menimpa siswa ini tidak mau melanjutkan sekolahnya apabila masuk SDLB. Setelah masuk MI NU 01 dan MI NU 02 Purwosari Kota Kudus, siswa tersebut diberikan motivasi dan arahan yang tepat, dan inovasi guru dalam pembelajaran menjadikan siswa tersebut semakin yakin untuk semangat dalam melanjutkan belajarnya. Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Peran guru PAI sebagai inspirator dan motivator siswa dalam pembelajaran PAI di MI NU 01 dan MI NU 02 Purwosari Kota Kudus yaitu sebagai inspirator siswa dalam pembelajaran PAI, guru selalu berusaha memberi pembelajaran materi PAI melalui pembiasaan tingkah laku, memberi gambaran riil atau contoh, kemudian mengajak siswa untuk senantasa melakukan sebagai tindakan atau pengamalan sehari-hari. Inspirasi yang diberikan oleh guru PAI yaitu guru biasanya memberi ilustrasi kepada siswa, kemudian menganalisis, dan mensintesis agar mudah dipahami siswa. Kemudian peran guru PAI sebagai motivator siswa, yakni guru sebisa mungkin selalu mengajarkan serta mengajak atau mendorong siswa untuk memahami materi yang diajarkan. Adapun motivasi yang diberikan guru PAI yaitu berusaha memberi contoh terlebih dahulu, mengajak siswa secara rutin dalam pembiasaan rutinitas keagamaan, serta sedikit demi sedikit memberi pengarahan kepada siswa. 2) Upaya guru PAI sebagai inspirator dan motivator siswa dalam meningkatkan pembelajaran PAI di MI NU 01 dan MI NU 02 Purwosari Kudus yaitu menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan serta mudah dicerna oleh siswa, berusaha sebisa mungkin tetap sebagai pendorong dalam pembelajaran bagi siswa, selain itu guru harus pandai melihat situasi dan kondisi dalam pembelajaran dengan menyesuaikan metode dan strategi dalam menyampaikan materi pembelajaran, merencanakan materi yang akan disampaikan, memantau kesiapan siswa sebelum pembelajaran dimulai, memakai pendekatan secara personal kepada siswa dengan memantau perkembangan siswa, tambahan waktu dalam pembelajaran PAI sebagai motivasi siswa dalam pembelajaran, dan senantiasa menganjurkan untuk mengikuti kegiatan agama di lingkungan masyarakat atau madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 07:37 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 07:37 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3996 |
Actions (login required)
View Item |