Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLIKASI PEMBELAJARAN ASWAJA MELALUI METODE CERITA DALAM PENBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS ASSALAFIYAH SITANGGAL LARANGAN BREBES

Jazilah, Nailatun Nikmah and Tedi, Kholiluddin (2020) IMPLIKASI PEMBELAJARAN ASWAJA MELALUI METODE CERITA DALAM PENBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS ASSALAFIYAH SITANGGAL LARANGAN BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Jazilah Nailatun Nikmah_18200011108_Magister_PAI.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan sesuatu yang dihasilkan dari proses pembentukan. Karakter tidak hadir begitu saja dalam diri siswa. Setiap siswa membutuhkan waktu yang relatif lama untuk dapat mencapai tingkatan karakter tertentu. Karakter siswa dibentuk sedemikian rupa sehingga karakter yang dimiliki benar- benar mencapai tingkatan yang lebih baik. Untuk meneladani karakter dan kepribadian tokoh-tokoh agama seperti para rosul, sahabat, wali songo, ulama atau para kyai, maka seorang guru memerlukan metode tertentu dalam menanamkan karakter dan kepribadian tokoh-tokoh tersebut kepada siswa. Adapun metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran salah satunya adalah metode cerita. Permasalahan Penelitian adalah proses kegiatan dan konsep pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran Aswaja/ ke-NU-an dengan metode cerita di kelas VII MTs Assalafiyah Sitanggal Brebes dan Implikasi metod cerita dalam pembentukan karakter siswa pada pembelajaran Aswaja kelas VII MTs Assalafiyah Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes. Penelitian ini merupakan kualitatif-deskriptif, sumber data dalam penelitian ini antara lain guru, peserta didik kelas VII MTs Assalafiyah Sitanggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi dan memberchek. Hasil temuan menunjukkan bahwa melalui metode cerita siswa dapat lebih mudah memahami cerita dan juga meneladani hal baik yang terkandung dalam sebuah cerita apalagi cerita yang disampaikan mengandung pesan, nasehat dan informasi yang bisa ditangkap dengan baik oleh peserta didik. Metode cerita menjadi sarana efektif untuk menyampaikan nilai-nilai Aswaja/ keNUan, mempengaruhi cara berfikir dan berperilaku anak-anakkarena mereka senang mendengarkan atau dibacakan cerita maka secara otomatis pesan-pesan kebaikan yang diselipkan akan didengarkan dengan senang hati. Dan sebagai implikasinya Siswa MTs Assalafiyah Sitanggal yang penuh dengan kegiatan dapat memanfaatkan waktu yang sudah terjadwal, hal tersebut merupakan hasil dari salah satu pembelajaran Aswaja/ ke-NU-an yang telah diajarkan dan juga Nilai kerukunan yang tercermin dari perilaku siswa yang cenderung saling menghargai sesama teman, tidak suka bertengkar dan menghormati guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:31
Last Modified: 25 Jan 2024 07:31
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3991

Actions (login required)

View Item View Item