Wahid Hasyim University | Digital Repository

KEBIJAKAN MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH (STUDI KASUS DI MA MAZRO'ATUL HUDA WONORENGGO KARANGANYAR DEMAK

Hayatin, Nikmah and Sari, Hernawati (2020) KEBIJAKAN MADRASAH DALAM PENGEMBANGAN DIRI SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH (STUDI KASUS DI MA MAZRO'ATUL HUDA WONORENGGO KARANGANYAR DEMAK. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Hayatin Nikmah_18200011176_Magister_PAI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Idealnya proses pendidikan yang berlangsung di sekolah dapat menghasilkan anak didik yang tidak hanya pandai secara intelektual namun juga memiliki akkhlak mulia. Kegiatan pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan bakat, minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi madrasah, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penanaman nilai- nilai akhlakul karimah di MA Mazro'atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak? (2) Bagaimana kebijakan madrasah dalam mendukung pengembangan diri siswa MA Mazro atul Huda Wonorenggo Demak? (3) Bagaimana kebijakan madrasah tentang kegiatan ekstra kurikuler di MA Mazro'atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatifTeknik pengumpulan data menggunakan observasiwawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara ketekunan atau keajekan pengamatan, triangulasi dan perpanjangan, keikutsertaan penelitiSedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis kualitatif yaitu reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Penanaman nilai-nilai akhlakul karimah (sopan santun, disiplin, tanggung jawab) di MA Mazro atul Huda Wonorenggo Karanganyar Demak melalui: (a) nasehat, (b) keteladanan, (c) Memberikan motivasi, (d) pengawasan terhadap sikap peserta didik. (e) Memberikan peringatan bahkan hukuman. (2) Kebijakan madrasah dalam mendukung pengembangan diri siswa MA Mazro'atul Huda Wonorenggo Demak yaitu, (a) Menginventarisir kebutuhan siswa dan sumber daya, (b) Merumuskan perencanaan kegiatan pengembangan diri, (c) Menentukan penanggungjawab kegiatan pengembangan diri, mekanisme pembinaannya dan target yang diharapkan, (d) Mengkomunikasikan dan dimusyawarahkan. (e) Mengkonsep, dan mengkomunikasikan serta finalisasi, (d) Menginformasikan. kepada semua siswa. (3) Kebijakan Madrasah tentang kegiatan ekstra kurikuler siswa MA Mazro'atul Huda Wonorenggo, meliputi (a) kegiatan terprogram yaitu bimbingan dan konseling (BK), dan ekstra kurikuler, (b) Kegiatan tidak terprogram meliputi kegiatan rutinan, kegiatan spontan, dan kegiatan keteladanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:24
Last Modified: 25 Jan 2024 07:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3988

Actions (login required)

View Item View Item