Wahid Hasyim University | Digital Repository

KONTINUITAS BELAJAR (AL-MUWADLOBAH ) MENURUT BURHANUDDIN AL-ZARNUJI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES PENDIDIKAN ISLAM

Fadlur, Rohman Fahmy and Nanang, Nurcholis (2020) KONTINUITAS BELAJAR (AL-MUWADLOBAH ) MENURUT BURHANUDDIN AL-ZARNUJI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PROSES PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Fadlur Rohman Fahmy_18200011141_Pasca Sarjana_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: kontinuitas belajar, al-muwadlobah, Burhanuddin Al-Zarnuji. Salah satu tokoh muslim yang mencetuskan konsep pembelajaran dalam dunia pesantren adalah al-Zarnuji yang meninggalkan sebuah mahakarya kitab Ta’lim al-Muta’allim Thariq at-Ta’allum. Kitab Ta’lim al-Muta’allim ini merupakan karya al-Zarnuji yang sangat monumental. Beberapa ajaran didalamnya memiliki banyak kesamaan dengan teori pembelajaran modern. Permasalahan penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah pemikiran Burhanuddin al-Zarnuji tentang pendidikan? (2) Bagaimana konsep alMuwadlobah (kontinuitas belajar) menurut Burhanuddin al-Zarnuji? (3) Bagaimanakah implementasi konsep al-Muwadlobah (kontinuitas belajar) Burhanuddin al-Zarnuji dalam proses pembelajaran? Penelitian ini bersifat kualitatif literer atau kajian pustaka (library study approach). Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi. Uji keabsahan datanya menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan pencatatan. Teknik analisis data menggunakan content analisys (analisis isi) yaitu telaah sistematis atas isi kitab yang disusun Burhanuddin Al-Zarnuji yakni kitab Ta’lim Muta’allim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Pemikiran pendidikan alZarnuji tentang pendidikan dapat di kelompokkan dalam lima bagian yaitu tentang tujuan pendidikan, pendidik ideal, peserta didik, lingkungan pendidikan. (2) Kontinuitas belajar menurut Syaikh Burhanuddin al-Zarnuji dalam Ta’lim al-Muta’allim, adalah kegiatan belajar yang dilakukan secara terus menerus (berkesinambungan) dengan tetap memperhatikan aspek moral (etika belajar) dan penuh keikhlasan (tidak karena keterpaksaan maupun dipaksa). Dalam konsepnya ini, Syaikh al-Zarnuji menambahkan bahwa almuwaadlobah merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan kesungguhan belajar (mencari ilmu) dan membangun cita-cita yang luhur. (3) Implementasi konsep kontinuitas belajar Burhanuddin al-Zarnuji dalam proses pendidikan Islam, yaitu dengan cara menumbuhkembangkan secara alami perbaikan peningkatan diri bagi orang yang terlibat didalam proses pendidikan Islam, yakni harus bersifat kontinu (muwaadlobah), membentuk syahsiyah islamiyah bukan sekedar transfer ilmu (takwiniyah), bertahap/terprogram (mutadarrijah), dan menyeluruh/tidak parsial (gharizah/kaffah). Konsep atau metode yang telah digagas oleh Burhanuddin al-Zarnuji tentang kontinuitas belajar (almuwaadlobah), relevansi dan menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan tujuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:16
Last Modified: 25 Jan 2024 07:16
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3985

Actions (login required)

View Item View Item