Wahid Hasyim University | Digital Repository

STUDI ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB ADABUL ALIM WAL-MUTA'ALLIM DALAM MEMBENTUK SISWA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYYAH NAHDLATUL ULAMA' TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH (TBS) KUDUS

Chirzil, Ala and M. Shidqon, Prabowo (2020) STUDI ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KITAB ADABUL ALIM WAL-MUTA'ALLIM DALAM MEMBENTUK SISWA RELIGIUS DI MADRASAH IBTIDAIYYAH NAHDLATUL ULAMA' TASYWIQUTH THULLAB SALAFIYYAH (TBS) KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Chirzil Ala_18200011174_Magister_PAI.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kitab Adabul Alim Wal-Muta'allim bertujuan agar siswa dapat mempelajari berbagai macam adab guru dan siswa, mulai akhlaq dengan guru, akhlaq dengan orang tuadan akhlaq dengan teman-teman juga pembentukan jiwa religiusPermasalahan penelitian tersebut adalah 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Adabul Alim Wal-Muta'allim dalam membentuk siswa yang religius, 2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab Adabul Alim Wal- Muta'allim dalam membentuk siswa yang religius di Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama' Tasy wiquth Thullab Salafiyyah (TBS) Kudus. Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka kurikulum dan guruTeknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Adabul Alim Wal-Muta allim di Madrasah Ibtidaiyyah Nahdlatul Ulama' Tasywiquth Thullab Salafiyyah Kudus ini lebih diutamakan oleh para kyai, karena pelajaran salaf itu materi keagamaan atau seperti di pondok pesantren. Adapun dalam pembelajarannya dilaksanakan dengan sistem membaca kitab, memaknai gandul, tanya jawab sesuai materi yang disampaikan, serta mengaplikasikan contoh-contoh sikap yang baik yang terdapat pada kitab Adabul Alim Wal- Muta'allim. Adapun kaitan pembentukan siswa religius tersebut yakni siswa membaca surat al-fatihah setiap awal masuk pelajaran, siswa diharuskan bersikap santun setelah adanya arahan terkait materi yang telah diajarkan agar tertanam jiwa berakhlakul karimah dan menjadi siswa religius. 2) Faktor pendukung dalam pembelajaran Kitab Adabul Alim Wal-Muta'allim dalam membentuk siswa religius di Madrasah Ibtida'iyyah Nahdlatul Ulama' Tasywiquth Thullab Salafiyah Kudus yaitu pembelajaran tersebut materi sudah sesuai dengan usia dalam mempelajari akhlak, dapat melatih anak untuk menerapkan budi pekerti, dapat mengarahkan anak untuk saling menghormati kepda orang yang lebih tua terutama orang tua, guru dan teman. Pembentukan siswa religius ini adanya dukungan sebagian besar lingkungan madrasah ini banyak pondok dapat memudahkan untuk selalu melaksanakan kegiatan agama. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu perbedaan kemampuan intelegensi siswa, kurang adanya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan, kurang motivasi dari orang tua, waktu yang singkat dalam pembelajaran, serta perubahan tingkah laku siswa yang belum sesuai, dan rendahnya kedisiplinan siswa untuk melaksanakan ibadah yang menjadikan penghambatnya dalam pembentukan siswa religius.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:55
Last Modified: 25 Jan 2024 05:55
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3983

Actions (login required)

View Item View Item