Castam, Castam and Sari, Hernawati (2020) KINERJA DAN MOTIVASI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH (Studi Kasus di SMK Mandiri Kota Bekasi). Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Castam_18200011083_Magister_PAI.pdf Download (32MB) | Preview |
Abstract
Guru sebagai tenaga pendidik mempunyai tugas utama mendidik, membimbing, mengajarmengarahkan, melatih, meniled dati mengevaluasi peserta didik. Peran guru dalam melaksanakan pembelajarau umerupakan faktor yang amat menentukan bagi peningkatan mutu pendidikan disekolah, Kinerja guru yang berkualitas tampak dari tanggung jawabnya yang memiliki kemampuan kerja atau prestasi kerja yang dimilikinya. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran terselint sangat menentukan kualitas pendidikan, melalui proses pembelajaran yang berkualitas pula, maka akan lebih efektif, efisien dan produktif. Guru yang memiliki fevel kinerja tinggi mempakan guru yang mempunyai kinerja yang produktif. Kinerja guru dalam mengelola pembelajaran terdiri dariPerencanaan dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan dalam kegiatan pembelajarandan Hasi/penilaian hasil belajar yang telah dilakukan Kinerja memiliki peranan yang sangat penting karena kinerja merupakan bentuk hasil akhir dari proses pegawai menyeletakan tugasnya. Pegawai yang menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar maka akan memiliki Kinerja yang tinggiSeorang pemimpin atau kepala sekolah dalam suain organisasi akan diakui sebagai seorang pemimpin jika dapat mengarahkan bawahannya kearah pericapaian tujuan organasi. Kepemimpinan yang efektif tentunya sangat dibutuhkan dalam ficadorong peningkatan kinerja pegawainamun perlu didukung dengan lingkungan kerja Adanya kepenatampinan dan lingkungan kerja yang baik diharapkan kinerja pegawai dapat meningkat, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahur pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut serta keberhasilan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja dan motivasi guru khususnya guru pendidikan agama islam (PAI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasıMetode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan menyebarkan kuesioner Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kinerja dan motivasi guru khususnya guru PAI melalui supervisi akademik kepala sekolah di SMK Mandiri Kota Bekasi, hal ini dapat dilihat dari kegatan-kegiatan dan beberapa temuan yang telah penulis paparkan.. dan dibuktikan dengan adanya hasil supervise yang sangat baik sesuai dengan data yang ada
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 05:51 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 05:51 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3982 |
Actions (login required)
View Item |