Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MI WASILATUT TAQWA TENGGELES MEJOBO KUDUS

Amir, Abdul Majid and Nur, Cholid (2020) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN QUR’AN HADITS DI MI WASILATUT TAQWA TENGGELES MEJOBO KUDUS. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Amir Abdul Majid_18200011158 _Magister_PAI.pdf

Download (707kB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Qur’an Hadits. Pelaksanaan pendekatan saintifik atau alamiah agar siswa dapat mengaitkan materi pelajaran dengan keadaan alam. Selain itu pendekatan saitifik ini untuk mempelajari dan mempraktekkan di lingkungan sekitar dari ajaran dan nilai-nilai yang terkandung dalam Qur’an Hadits. Permasalahan penelitian tersebut adalah 1) Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Qur’an Hadits, 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan kulitatif-deskriptif, sumber data meliputi kepala madrasah, waka kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Semua data dianalisis dengan dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi, penyajian data, dan verifikasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Qur’an Hadits di kelas V MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus model pelaksanannya sama yaitu diskusi kelompok dengan mengembangkan aktivitas siswa, dan siswa diharapkan banyak bertanya terutama pertanyaan untuk memahami materi. Selain itu mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta. Siswa diharapkan termotivasi untuk mengamati materi yang terdapat di sekitarnya, mencatat atau mengidentifikasi fakta, lalu merumuskan masalah, menanya. 2) Faktor pendukung implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Qur’an Hadits di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus yaitu dengan menggunakan pendekatan sainstifik, guru memahami dan menguasai tentang inovasi pembelajaran. Selain itu juga sarana dan prasarana yang memadai demi tercapainya tujuan pembelajaran, serta kesiapan antara guru dan siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu perbedaan karakteristik peserta didik, membutuhkan waktu yang cukup dalam pelaksanaan, dan kurangnya perencanaan dalam penerapan pendekatan saitifik menjadikan proses pembelajaran terhambat. Selain itu, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran Qur’an Hadits di MI Wasilatut Taqwa Tenggeles Mejobo Kudus yaitu kurang minatnya siswa dalam pembelajaran, waktu yang terbatas, kurang semangatnya siswa dalam menerima penerapan model saintifik, dan siswa kurang seriusnya dalam berdiskusi. Solusi dari kendala pelaksanaan model saintifik dalam pembelajaran Qur’an Hadits tersebut yaitu kesiapan guru menerapkan pendekatan saintifik, memberikan waktu tambahan dalam pembelajaran, kesiapan siswa dalam materi yang akan diterapkan, dan guru tetap memberi semangat kepada siswa dalam mengikuti pembelajaran yang diampu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:42
Last Modified: 25 Jan 2024 05:42
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

View Item View Item