Alfiyatul, Imaniyah and Mahmutarom, Mahmutarom (2020) IMPLEMENTASI TASAMUH DALAM PENDIDIKAN AKIDAH AKIILAK MAN KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.
|
Text
Alfiyatul Imaniyah_18200011008_Pascasarjana_PAI.pdf Download (45MB) | Preview |
Abstract
Madrasah merupakan lembaga yang berperan sebagai penyelenggara pendidikan dan pengembangan ilmu, pengetahuan, teknologi dan seni. Oleh sebab itu, berbagai program dirancang dan diimplementasikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, terutama dalam rangka pembinaan akhlak, salah satunya penanaman nilai-nilai tasamuh dalam kegiatan pembelajaran di lingkungan madrasah. Tujuan penelitian ini antara lain: (a) Mendiskripsikan dan menganalisis. Implementasi Tasamuh di lingkungan MAN Kendal, (b) Mendiskripsikan dan menganalisis peran guru dalam mengimplementasikan tasamuh dalam kegiatan. pembelajaran Akidah Akhlak, (c) Mendiskripsikan dan menganalisis faktor yang mempengaruhi implementasi tasamuh pada pembelajaran Akidah Akhlak di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian. Sedangkan jenis penelitian yang akan digunakan oleh peneliti adalah penelitian deskriptif, dengan metode analisis data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penulisannya melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan triangulasi baik terhadap data primer maupun data sekunder, data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan yang diinginkan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Implementasi tasamuh di MAN Kendal lebih mengedepankan sikap proaktif dalam membina siswa berakhlak karimah dengan menjadi fasilitator yang baik, dengan mengacu pada visi misi sekolah, diharapkan implementasi tasamuh pada siswa dapat terlaksana secara optimal. (2) Peran guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan tasamuh pada siswa dengan proaktif mendorong siswa menerapkannya langsung dalam berinteraksi di kehidupan sehari-hari, (3) Dalam mengimplementasikan tasamuh pada siswa di MAN Kendal, terdapat faktor yang paling berpengaruh yaitu factor dari dalam siswa itu sendiri. Karena sebaik apapun factor yang berasal dari luar pribadi siswa, tidak akan bisa merubah kepribadian seseorang kecuali adal kemauan berubah pada diri seseorang tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 05:40 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 05:40 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3978 |
Actions (login required)
View Item |