Wahid Hasyim University | Digital Repository

METODE PEMBELAJARAN YANG DI GUNAKAN OLEH GURU DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH PADA ANAK KELAS RENDAH STUDI DI MI SE KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL

Agus, Nasrullah and Aminuddin, Sanwar (2020) METODE PEMBELAJARAN YANG DI GUNAKAN OLEH GURU DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI AKIDAH AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH PADA ANAK KELAS RENDAH STUDI DI MI SE KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Agus Nasrullah_A1610025_Pasca Sarjana_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Guru, Strategi Pembelajaran, Internalisasi Nilai-Nilai Akidah Ahlussunnah Wal Jamaah Metode, strategi pembelajaran dalam internailsasi nilai akidah ahlus sunnah wal jamaah pada anak kelas rendah idealnya dapat meningkatkan pembentukan akidah dan ahlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) pelaksanaan pendekatan guru dalam internalisasi nilai akidah ahlus sunnah wal jamaah pada anak kelas rendah di MI sekecamatan Boja, (2) Strategi guru dalam internalisasi nilai akidah ahlus sunnah wal jamaah pada anak kelas rendah di MI sekecamatan Boja, (3) faktor yang berpengaruh meliputi kendala dan solusi dalam internalisasi nilai akidah ahlus sunnah wal jamaah pada anak kelas rendah di MI sekecamatan Boja. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di MI se kecamatan Boja yaitu di MI NU 09 Boja dan MI NU 16 Kaligading yang dilakukan dengan penelitian kualitatif. Dalam paraktiknya, penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, yakni berupa hasil kutipan-kutipan wawancara dari lapangan yang sebelumnya diolah terlebih dahulu. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) pendekatan guru dalam internalisasi nilai akidah ahlussunnah wal jamaah pada anak kelas rendah dengan menggunakan metode simulasi. (2) pelaksanaan strategi pembelajaran nilai-nilai akidah ahlussunnah wal jamaah dengan (a) berdoa sebelum dan sesudah mengikuti pelajaran (b) praktik membaca asmaul husna, doa qunut dan dzibaiyah (c) pelaksanaan sholat dhuha berjamaah (d) praktik ziarah kubur. (3) faktor yang berpengaruh meliputi kendala dan solusi pada proses pembelajaran dalam internalisasi nilai-nilai akidah ahlussunnah wal jamaah pada anak kelas rendah studi di MI se kecamatan boja (a) minimnya jam pendidikan agama islam tentang akidah ahlussunnah wal jamaah (b) minimnya dukungan orang tua di rumah (c) pengaruh lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:23
Last Modified: 25 Jan 2024 05:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3976

Actions (login required)

View Item View Item