Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLIKASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN JEPARA

Achsan, Isroi and Sari, Hernawati (2020) IMPLIKASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI DI SMK ROUDLOTUL MUBTADIIN JEPARA. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Achsan Isroi_A1710056_Pasca Sarjana__PAI.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Scientific Approach, Meningkatkan Pemahaman Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang mengalami banyak perubahan dari kurikulum sebelumnya yaitu berbasis Sekolah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran, Dalam Kurikulum 2013 menekankan pada pembelajaran Ilmiah: 1. Manajemen Pebelajaran, 2. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang meliputi pembelajaran berbasis Pra Ilmiah, Sementara Pembelajaran, dan Pasca Pembelajaran berbasis Pendidikan Agama Islam, 3. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Scientific Approach. 4. Meningkatkan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis Ilmiah pada pembelajaran awal pada materi pembelajaran, guru inti pembelajaran telah melakukan observasi, tanya jawab, eksplorasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, pada akhirnya memberikan kegiatan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah kepada siswa. Evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu penilaian pembelajaran 2013 dalam kurikulum menggunakan penilaian otentik yang mengukur kompetensi mulai dari kompetensi sikap, keterampilan, dan proses berbasis pengetahuan bukan hanya hasil. Penilaian dilakukan dengan metode otentik, siswa dinilai pada beberapa aspek diantaranya ulangan harian, portofolio, observasi, performance, tugas dan ulangan semester. Dampak Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Scientific ini adalah: menimbulkan rasa tanggung jawab antar peserta didik. memperkuat kedekatan antara siswa, guru dan siswa dapat bekerja sama untuk mendiskusikan materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:20
Last Modified: 25 Jan 2024 05:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3975

Actions (login required)

View Item View Item