Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN PAI DI SMA DARUSSALAM JAKARTA

Cita, Saroya and Mudzakkir, Ali (2019) IMPLEMENTASI KECERDASAN SPIRITUAL DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEJUJURAN PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN PAI DI SMA DARUSSALAM JAKARTA. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Cita Saroya_1418200012085_Magister_PAI.pdf

Download (31MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Nilai-nilai Kejujuran, Pembelajaran PAI Ilmu Pengetahuan yang tidak disertai oleh jiwa taqwa kepada Tuhan, mereka tidak akan sedikitpun memperdulikan nilai-nilai kejujuran dalam proses pembelajaran. Maka dari itu guru sangat berpengaruh besar dalam mengembalikan serta meningkatkan kecerdasan spiritual seseorang. Penelitian ini merupakan kualitatif-deskriptif, sumber data dalam penelitian ini antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dewan guru, staff dan siswa SMA Darussalam Jakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan membercheck. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana implementasi kecerdasan spiritual pada siswa SMA Darussalam dalam membangun nilai-nilai kejujuran, faktor pendukung dan penghambat dan efektivitas pembelajaran PAI. Hasil temuan menunjukkan bahwa di SMA Darussalam telah mengimplementasikan kecerdasan spiritual pada siswanya dengan cara melakukan pembiasaan seperti tadarus al-Qur'an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjama'ah, training motivasi dll. Faktor pendukung dalam mengimplementasikan kecerdasan spiritual antara lain Sarana dan prasarana yang memadai, pendidik yang berkualitas dan lingkungan yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu lemahnya motivasi siswa, tingkat disiplin yang masih rendah, kemajuan teknologi dan kurangnya waktu pembelajaran dan perhatian wali murid. Upaya optimalisasi faktor pendukung implementasi kecerdasan spiritual antar lain: meningkatkan kualitas pendidik, pembiasaan membaca al-qur'an lebih inten, sholat dzuhur berjamaah beraku untuk semua siswa dan guru, meningkatkan intensitas dan kualitas pembiasaan berdzikir. Upaya meminimalisasi faktor penghambat antara lain memotivasi siswa yang tdak semangat belajar. mendisiplinkan siswa yang terlambat, meningkatkan, meningkatkan komunikasi dengan wali murid yang kurang pedulin terhadap siswa. Beberapa langkah supaya Pembelajaran PAI akan berjalan efektif dan dapat membangun nilai-nilai kejujuran bagi siswa antara lain kelengkapan perangkat pembelajaran bagi guru, mencintai pelajaran PAI, guru menggunakan metode yang hervariasi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 05:13
Last Modified: 25 Jan 2024 05:13
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3972

Actions (login required)

View Item View Item