Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI(Group Investigation) MELALUI PENDEKATAN RME (Realistic Mathematic Education) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Nur, Safaah and Iman, Fadhilah and Linda, Indivarti Putri (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GI(Group Investigation) MELALUI PENDEKATAN RME (Realistic Mathematic Education) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BANGUN RUANG SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG JEPARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Nur safaah_ 166050083_ PGMI_20.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran GI(Group Investigation), Pendekatan RME(Realistic Mathematic Education), Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang. Pemecahan masalah adalah suatu bahasan tentang bagaimana proses dan strategi menyelesaikan suatu masalah yang merupakan bagian dari kurikulum Matematika yang sangat penting karena dalam proses pembelajaran siswa dimungkinkan memperoleh pengalaman menggunakan pengetahuan serta ketrampilan yang sudah dimilikinya untuk diterapkan pada pemecahan masalah. Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1)Pelaksanaan Model pembelajaran GI Melalui Pendekatan RME(Realistic Mathematic Education) (2) Pengaruh Model Pembelajaran GI(Group Investigation) Melalui Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemecahan masalah Bangun Ruan Kelas IV MI Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)Pelaksanaan Model pembelajaran GI(Group Investigation) dalam pembelajaran (2)Adanya Pengaruh model pembelajaran GI(Group Investigation) Melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Ruang Kelas IV MI Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara. Penelitian Ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan (1) observasi (2) angket(3)tes(4) dokumentasi. Analisis data menggunakan (1) analisis pendahuluan (2) analisis iji hipotesis (3) analisis lanjut. Hasil penelitian (1)pelaksanaan model pembelajaran GI(Group Investigation) di MI Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara, pembelajaran diawali dengan dunia nyata,agar memudahkan siswa dalam belajar matematika, yaitu dengan tahap persiapan, pembukaan. proses pembelajaran dan tahap akhir (2) ada pengaruh model pambelajaran Gl (Group Investigation) melalui pendekatan RME(Realistic Mathematic Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah bangun ruang kelas IV MI Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Hal ini dapat dibuktikan dengan perhitungan harga rining yang diperoleh sebesar 0,848 dan rubet pada taraf signifikan 5% dengan jumlah N=21 sebesar 0,433 yang berarti fritung Fubel atau 0.848 0.433.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:10
Last Modified: 25 Jan 2024 02:10
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3926

Actions (login required)

View Item View Item