Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF CORONG BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS 2 DI MADRASAH IBTIDAIYYAH

Ludfil, Khakim and Ma'as, Shobirin and Ummu, Jauharin Farda (2020) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF CORONG BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS 2 DI MADRASAH IBTIDAIYYAH. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img]
Preview
Text
Ludfil Khakim_ 156050069_ farmasi.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Permasalahan di MI Miftahush Shibyan 01 Genuk adalah hasil belajar peserta didik masih banyak dibawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran matematika yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah belajar siswa sehingga menghasilkan produk baru berupa media matematika yang memenuhi kriteria valid dan efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development ( R &D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Dalam pengembangan ini terdapat 5 tahapan yaitu; (1) Analisis (Analysis), (2) Desain (Design), (3) Pengembangan (Development), Penerapan (Implementation), Penilaian (Evaluation). Subyek penelitian ini adalah 36 siswa kelas II A MI Miftahush Shibyan 01 Genuk.Teknik pengumpulan ini menggunakan pengamatan, wawancara, tes, observasi, angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan: pengembangan media edukatif corong berhitung valid dan efektif. Hasil skor validasi oleh ahli materi dalam instrumen validator ahli materi menunjukkan bahwa media edukatif corong berhitung dalam kategori sangat baik (dengan nilai 97 %), dan hasil skor validasi ahli media dalam instrumen validator ahli media menunjukkan bahwa media edukatif corong berhitung dalam kategori sangat baik(dengan nilai 90 %) ; Sedangkan Hasil skor keefektifan diperoleh dari hasil belajar. Hasil skor keefektifan media corong berhitung menunjukkan 80 % Peserta didik yang tuntas (KKM 70) sebanyak 29 dari 36 peserta didik. Hasil uji one sample t test menunjukkan t hitung 6,25 > t table = 2, 040 dengan demikian Ho diteriima dan Ha ditolak. Hasil keefektifan tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan adanya kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian pengembangan media edukatif corong berhitung telah dikembangkan dengan hasil valid dan efektif, maka perlu dilakukan uji coba dalam skala lebih luas terhadap produk yang telah dikembangkan, sehingga dapat digunakan sebagai pembantu proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan Media Edukatif, Corong Berhitung, Pelajaran Matematika, Materi Perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 24 Jan 2024 08:06
Last Modified: 24 Jan 2024 08:06
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item