Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA KABUPATEN DEMAK (Studi pada SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al-Qur’an Bonang Demak)

SARIFIN, SARIFIN (2023) IMPLEMENTASI MODEL PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PEMBELAJARAN PAI DI SMA KABUPATEN DEMAK (Studi pada SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al-Qur’an Bonang Demak). Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
SARIFIN _20200011176.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius, Peningkatan Perilaku Akademik Siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia termasuk di SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al Qur’an Bonang Demak sebagai Model Pembelajaran PAI, Karakter Religius, Sekolah Menengah Atas Pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter Religius adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan model pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius pada sekolah menengah atas di SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al Qur’an Bonang Demak dengan sub fokus mencakup: (1) Model pendidikan karakter yang diterapkan dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al Qur’an Bonang Demak , (2) Implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al Qur’an Bonang Demak dan (3) Implikasi model pendidikan karakter religius pembelajaran pendidikan agama Islam dalam siswa di pembentukan karakter religius. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Berdasarkan paparan data dan diskusi hasil penelitian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Model Pendidikan karakter Religius tertuju pada pembentukan karakter religius menggunakan model pembiasaan dan keteladanan dengan pendekatan pada siswa yang harus berperan aktif dalam pembelajaran, khususnya pelajaran agama. (2) Implementasi pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah melalui pemahaman materi PAI yang diintegrasikan dengan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan, kemudian di aplikasikan dalam kehidupan sehari -hari. (3) Implikasi Model pendidikan karakter religius melalui pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter religius siswa di Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah kesadaran siswa dalam menjalankan kewajibannya setelah pada awalnya diajarkan dan diberi pemahaman teori, setelah itu guru memberi keteladanan yang pada akhirnya mereka meniru dan terbiasa mengamalkan ajaran Islam secara maksimal , karena pembelajaran di SMA N 1 Demak dan SMA Takhassus Al Qur’an Bonang Demak mencakup 3 aspek yaitu: Spiritual atau Ibadah siswa, keimanan dan ketaqwaan, serta akhlaqul karimah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 08 Jun 2023 05:26
Last Modified: 08 Jun 2023 05:26
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item