Wahid Hasyim University | Digital Repository

“Implikasi Pelaksanaan Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Berbasis Pesantren di Kabupaten Kendal”

MUHAMMAD, BAHRUL ULUM (2023) “Implikasi Pelaksanaan Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Berbasis Pesantren di Kabupaten Kendal”. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
20200011009_MUHAMMAD BAHRUL ULUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kuci: Blended Learning, Motivasi Belajar Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap manusia. Pendidikan bersifat mutlak untuk setiap orang baik di lingkup keluarga maupun Bangsa dan Negara. Pendidikan adalah usaha secara sengaja dari orang dewasa dengan pengaruhnya meningkatkan anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu menimbulkan tanggung jawab moril dari segala perbuatan orang dewasa itu adalah orang tua si anak atau orang yang atas dasar tugas dan kedudukannya mempunyai kewajiban untuk mendidik, misalnya guru sekolah, kyai dalam lingkungan keagamaan, maupun pengasuh asrama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Berdasarkan pendekatan penelitian tersebut, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analisis dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik keabsahan data berupa kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan (1) Adapun desain pembelajaran yang digunakan di SMP Manbaul Hikmah dan SMP Takhasus Plus Al-Mardliyah adalah blended learning. Blended learning merupakan penggabungan dua metode pembelajaran yang dilakukan secara daring dan luring atau tatap muka. (2) Motivasi belajar sangat penting untuk dimiliki oleh setiap siswa, baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik. Keadaan belajar luring bisa mempengaruhi peningkatan motivasi belajar siswa. Sedangkan pembelajaran daring menjadikan motivasi belajar siswa bisa menurun bahkan mensugesti akibat pembelajaran daring peserta didik merasakan jenuh dengan keadaan sehingga motivasi belajar menurun dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan menjadi kurang. (3) Penerapan pembelajaran blended learning ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari munculnya indicator – indicator dalam motivasi belajar siswa di kelas setelah dilakukannya pembelajaran secara blended learning. Siswa terlihat bersemangat, penuh perhatian, bersungguh – sungguh dalam belajar, serta aktif berdiskusi dan mencari tambahan materi melalui internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 08 Jun 2023 05:20
Last Modified: 08 Jun 2023 05:20
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3379

Actions (login required)

View Item View Item