Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 1 DENGAN KETRAMPILAN LITERASI MELALUI MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ( MIN ) KOTA SEMARANG.

GUNAWI, GUNAWI (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 1 DENGAN KETRAMPILAN LITERASI MELALUI MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN MEMBACA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ( MIN ) KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
Tesis Pak Gunawi_merged.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Keywords: learning strategies, Big Book media literacy and reading skills Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada saat di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) /Sekolah Dasar. Strategi membaca permulaan yang dilaksanakan pada kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah ( MI )/ Sekolah Dasar adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Untuk itu guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai untuk dapat menimbulkan daya tarik bagi siswa agar giat secara aktif dan kreatif dalam mengikuti kegiatan belajar khususnya dalam pembelajaran membaca. Penelitian ini dilatar belakangi oleh betapa pentingnya kemampuan membaca ( Literasi ) dalam kehidupan, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam masyarakat. Fenomena di lapangan menunjukkan bahwasanya di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri ( MIN ) Kota Semarang memiliki tingkat kemampuan membaca yang cukup baik. Keberhasilan belajar dalam proses belajar di sekolah sangat ditentukan oleh penguasaan kemampuan membaca pada saat kelas 1 MI/SD. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I, strategi pembelajaran melalui literasi dengan memanfaatkan media big book, serta implikasinya dalam pembelajaran literasi melalui Media Big Book pada siswa kelas 1 di MIN Kota Semarang. Media big book memiliki kelebihan jika digunakan dalam proses membaca permulaan karena dengan ilustrasi gambar disertai teks bacaan dengan ukuran yang besar memudahkan siswa dalam menghubungkan teks dengan cara mengucapkan kata - perkata. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research atau penelitian lapangan, adapun sifat dari penelitian ini adalah kualitatif deskriptif sumber data dalam penelitian ini diantaranya kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan peserta didik. Adapun teknik dalam pengumpulan data sendiri yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung di Madrasah Ibtidaiyah Negeri ( MIN ) Kota Semarang. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa menunjukkan bahwa, dalam Pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas 1 di MIN Kota semarang dengan menggunakan strategi media kata bergambar, pemberian jam tambahan yang pelaksanaannya setelah kegiatan belajar mengajar selesai. Di mana dengan menggunakan media big book dapat memberikan dampak yang positif bagi anak yakni anak mulai tertarik untuk berperan aktif dalam kegiatan membaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:59
Last Modified: 08 Jun 2023 02:59
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3375

Actions (login required)

View Item View Item