Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGEMBANGAN BUDAYA AKADEMIK BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS ROHMANIYYAH MENUR MRANGGEN DEMAK

FAROKAH, FAROKAH (2023) PENGEMBANGAN BUDAYA AKADEMIK BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTS ROHMANIYYAH MENUR MRANGGEN DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
20200011136_PASCASARJAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Budaya Akademik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak. Menurut sejarah, dikenal telah melahirkan banyak ulama’ yang tersebar di berbagai penjuru, sehingga akan menarik untuk mengkaji pengembangan budaya akademik bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak. Permasalahan penelitian adalah Bagaimana budaya akademik bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak, Strategi pengembangan budaya akademik di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak, Proyeksi pengembangan budaya akademik di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data dalam penelitian ini antara lain Kepala Madrasah, guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dan membercheck. Hasil temuan menunjukkan bahwa budaya akademik bagi pendidik dan tenaga kependidikan di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak belum berkembang sebagaimana mestinya. Kondisi ini disebabkan oleh empat faktor, yaitu Pertama, budaya akademik di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur didapati secara turun temurun (budaya dari satu generasi diwariskan kepada generasi berikutnya). Kedua, masih ada guru yang belum mengenal teknologi. Ketiga, metodologi pengajaran yang digunakan di Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur masih menggunakan media tulis dan cetak sehingga proses pembelajarannya berjalan pasif, dan menimbulkan kejenuhan dalam belajar. Keempat, organisasi Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur belum dikelola dengan manajemen yang sistematis, roda organisasi Madrasah Tsanawiyah Rohmaniyyah Menur tergantung kepada pimpinan, karena pimpinan merupakan pengambil kebijakan utama dan mempunyai hak otoritas yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:58
Last Modified: 08 Jun 2023 02:58
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item