Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI PEMASARAN MADRASAH ALIYAH MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM ENTREPRENEUR DI KABUPATEN BATANG

AHMAD, MUNIR (2023) STRATEGI PEMASARAN MADRASAH ALIYAH MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM ENTREPRENEUR DI KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
21200011084_Pascasarjana (kurang pengesahan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Pemasaran Madrasah Aliyah, Kurikulum Entrepreneur. Persaingan dunia Pendidikan saat ini berjalan cukup ketat, tidak terkecuali pada jenjang Sekolah Lanjutan Atas (SLTA). Kebijakan dibukanya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sekolah siap kerja cukup berimplikasi terhadap eksistensi Madrasah Aliyah (MA). Madrasah Aliyah (MA) yang tidak melakukan upaya kreatif dan inovatif eksistensinya dapat terancam dan kurang diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Tujuan pengembangan kurikulum entrepreneur madrasah aliyah di kabupaten Batang, 2) Implementasi pengembangan kurikulum entrepreneur yang dilakukan madrasah aliyah di Kabupaten Batang, 3) Faktor-faktor pendukung maupun penghambat dalam penerapan pengembangan kurikulum entrepreneur yang dilakukan madrasah aliyah di Kabupaten Batang, 4) Implikasi strategi pengembangan kurikulum entrepreneur terhadap pemasaran madrasah aliyah di Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di Madrasah Aliyah Sunan Kalijaga Bawang dan Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Limpung Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis model Miles and Huberman yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan kurikulum entrepreneur yang dilakukan oleh madrasah aliyah di kabupaten Batang memiliki alasan dan tujuan yang jelas dan kuat karena pengembangan kurikulum entrepreneur ini outputnya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, 2) Implementasi pengembangan kurikulum entrepreneur madrasah aliyah di kabupaten Batang telah dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah Pendidikan, 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan pengembangan kurikulum entrepreneur madrasah aliyah di kabupaten Batang dapat dikelola dengan baik sehingga penerapan kurikulum entrepreneur berjalan dengan baik, 4) Strategi pengembangan kurikulum entrepreneur berimplikasi positif terhadap pemasaran madrasah aliyah di kabupaten Batang, salah satunya dibuktikan dengan semakin meningkatnya performa, kualitas dan kuantitas madrasah aliyah yang menerapkan pengembangan kurikulum entrepreneur di kabupaten Batang serta meningkatnya minat masyarakat terhadap madrasah ini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:18
Last Modified: 06 Jun 2023 09:18
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item