Wahid Hasyim University | Digital Repository

MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI KARET PADA SISWA KELAS V (LIMA) SD MUHAMMADIYAH 2 SUKOREJO

SUWARNO, SUWARNO (2023) MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI KARET PADA SISWA KELAS V (LIMA) SD MUHAMMADIYAH 2 SUKOREJO. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18108011010_FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Peningkatan hasil belajar, Lompat tinggi, media modifikasi karet Masih rendahnya hasil capaian siswa khususnya pada materi pembelajaran lompat tinggi, maka Peneliti memutuskan untuk melakukan penelitian tindakan kelas yang bersifat kuantitatif, dimana data yang dihasilkan akan berbentuk angka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Sukorejo tahun pelajaran 2021/2022. dengan jumlah siswa 18 anak. Peneliti bertindak sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan angket. Untuk analisis data kualitatif digunakan lembar observas aktivitas siswa dan angket untuk mengetahui respon siswa, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan tes, guna mengetahui hasil belajar siswa. Peneliti melakukan 2 siklus dengan materi pokok bahasan yang sama, dimana Siklus I digunakan sebagai tolak ukur awal permasalahan yang akan dipecahkan. Siklus II digunakan sebagai pemberian treatment agar terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dimana setiap 1 siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan yaitu 3 JP (jam pelajaran). Kondisi awal sebelum diberikan siklus, dari 18 anak hanya ada 2 anak yg berhasil mencapai nilai diatas KKM, yang artinya pencapaian hasil belajar siswa baru mencapai ketuntasan 11.1%. setelah dilakukan treatment pada siklus I dan siklus II, pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa naik menjadi 88.8 %. Peningkatan yang cukup baik tersebut disebabkan kelemahan – kelemahan pada siklus I berhasil diperbaiki pada siklus II. Pada peningkatan aktivitas performansi siswa dipengaaruhi oleh rasa percaya diri siswa karena tertarik dengan penggunaan media modifikasi karet. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik, hasil observasi siswa mengalami peningkatan keaktifan siswa yang mendukung proses pembelajaran dan respon siswa terhadap penggunaan modifikasi karet. Dalam penerapan media modifikasi karet perlu adanya pengemasan dalam proses pembelajara yang bervariasi agar menarik minat siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas FKIP > Program Studi Pendidikan Olah Raga
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 06 Jun 2023 07:58
Last Modified: 06 Jun 2023 07:58
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item