Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 TEMA BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU MELALUI MEDIA QUIZIZZ DI MI NU 71 UNGGULAN KARANGANOM WELERI KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022

MUJIATI, MUJIATI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS 1 TEMA BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU MELALUI MEDIA QUIZIZZ DI MI NU 71 UNGGULAN KARANGANOM WELERI KENDAL TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
SKRIPSI MUJIATI_S1-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Media Pembelajaran Quizizz, Pembelajaran Matematika Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang dimiliki setiap anak untuk mengembangkan kemampuan dan karakteristik perkembangannya, dimula dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya yang sejalan dengan perkembangan kemampuannya mengenai jumlah, yaitu berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan. Media Quizizz merupakan perkembangan media pembelajaran berupa aplikasi pendidikan berbasis game, yang membawa aktivitas multi pemain ke ruang kelas interaktif dan menyenangkan sehingga menumbuhkan motivasi peserta didik yang menyenangkan. Penggunaan Quizizz sebagai bentuk media pembelajaran merupakan inovasi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, dikarenakan di era ini termasuk generasi milineal dengan teknologi yang semakin meningkat. Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran untuk generasi ini sangat diperlukan, agar handphone dapat dimanfaatkan dengan semestinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung peserta didik kelas 1 melalui penggunaan media pembelajaran Quizizz pada mata pelajaran Matematika tema benda, hewan dan tanaman disekitarku di MI NU 71 UNGGULAN KARANGANOM Tahun Ajaran 2021/2022. Fokus dalam penelitian ini mendiskripsikan : (1) Penggunaan media Quizizz; (2) Pelaksanaan / Penerapan Media Quizizz; (3) Peningkatan kemampuan berhitung peserta didik kelas 1 melalui penggunaan media Quizizz pada mata pelajaran Matematika tema benda, hewan dan tanaman disekitarku. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Classroom Action Research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan (1) Metode Tes, (2) Lembar Kerja, (3) Wawancara, (4) Dokumentasi dan (5) Observasi. Analisis pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif dan prosentase untuk memperoleh penarikan kesimpulan atau verifikasi. Simpulan penelitian menunjukan bahwa Pretest di pra siklus yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mapel Matematika sebanyak 40,54% (15 anak) mencapai ketuntasan dan menyisakan 59,46% (22 anak) belum tuntas masih di bawah KKM yang ditentukan dari total 37 anak. Pembelajaran Tematik mata pelajaran Matematika Tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku menggunakan media Quizizz di kelas 1 MI NU 71 Unggulan Karanganom Weleri Kendal dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif dan efisien, telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan secara rata-rata klasikal 83,53% dengan capaian di akhir siklus III sebanyak 86,48% ( 28 anak) dari total 30 anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 May 2023 07:26
Last Modified: 30 May 2023 07:26
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3314

Actions (login required)

View Item View Item