Wahid Hasyim University | Digital Repository

EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MUHAMMADIYAH SAMBONGSARI WELERI KENDAL

Muhammad, Sochib (2023) EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI MUHAMMADIYAH SAMBONGSARI WELERI KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
19106051062_PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Arab Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tren baru di dunia pendidikan yaitu pembelajaran daring yang dilakukan di MI Muhammadiyah Sambongsari Weleri Kendal, untuk mengetahui keberhasilan pada pelaksanaan pembelajaran daring peneliti melakukan evaluasi untuk mengetahui keefektifan pembelajaran. Fokus Penelitian dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran daring yang telah dilaksanakan dalam pembelajaran Bahasa, indikator yang digunakan dalam pembelajaran daring untuk melihat kesesuaian dengan Kompetensi Dasar dan Kriteria Ketuntasan Minimal, hasil pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran daring, mendeskripsikan sejauhmana kesesuaian pembelajaran daring yang dilakukan dengan Kompetensi Dasar dan Kriteria Ketuntasan Minimal pada pembelajaran Bahasa Arab dan mendeskripsikan dan menganalisis hasil evaluasi pembelajaran daring pada pembelajaran Bahasa Ara b. Metode yang peneliti lakukan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta metode analisis datanya menggunakan metode CIPP(Context, Input, Proses dan Produk) Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring berjalan dengan baik dan ada kesesuaian dengan k ompetensi dasar pada pembelajaran daring akan tetapi ketuntasan siswa dalam pembelajaran daring pelajaran bahasa arab hanya 60% saja. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran daring yang dilakukan menggunakan media whatsapp dan zoom berjalan dengan baik, pembelajaran dilakukan sesuai dengan Kompetensi Dasar, akan tetapi capaian ketuntasan minimal siswa menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 May 2023 07:23
Last Modified: 30 May 2023 07:23
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3313

Actions (login required)

View Item View Item