Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN MENYUSUN KATA DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELAS II MADRASAH IBTIDA’IYYAH NU 71 UNGGULAN KARANGANOM WELERI KENDAL

AKHMAD, MASYKURI (2023) PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN MENYUSUN KATA DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELAS II MADRASAH IBTIDA’IYYAH NU 71 UNGGULAN KARANGANOM WELERI KENDAL. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
SKRIPSI AKHMAD MASYKURI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Membaca permulaan, Teknik Permainan Menyusun Kata Permasalahan dalam penelitian ini ialah masih rendahnya kemampuan membaca dalam memahami isi teks bacaan pada kelas II semester I MI NU 71 Unggulan Karanganom weleri kendal. Oleh sebab itu peneliti berupaya meningkatkan kemampuan membaca dalam membaca isi teks bacaan dengan menggunakan teknik permainan menyusun kata pada pelajaran. Maka dari itu dengan menggunakan teknik permainan menyusun kata dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada pelajaran pada peserta didik kelas II MI NU 71 Unggulan Karanganom tahun ajaran 2020-2021. Tujuan peneliti ini ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan teknik permainan menyusun kata pada pelajaran pada peserta didik kelas II MI NU 71 Unggulan Karanganom Weleri Kendal. Fokus penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Saur Tampu bolon yang menggunakan sistem perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik permaianan menyusun kata dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Kesimpulan hasil penelitian ditemukan teknik permainan menyusun kata kelas II MI NU 71 Unggulan Karanganom Weleri Kendal. Hal ini dibuktikan pada siklus I peserta didik yang meningkat membacanya 52% atau 19 peserta didik dari 28 peserta didik, pada siklus II yang meningkat membacanya 69% atau 25 peserta didik dari 28 peserta didik, pada siklus III yang meningkat membacanya 91% atau 33 peserta didik dari 28 peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik permainan menyusun kata dapat meningkatkan kemampuan membaca pada peserta didik kelas II MI NU 71 Unggulan Karanganom Weleri Kendal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 30 May 2023 07:16
Last Modified: 30 May 2023 07:16
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item