Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI MENGHORMATI ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DI KELAS X MA NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU TAHUN AJARAN 2022/2023

Khisnil, Khikmah (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK MATERI MENGHORMATI ORANG TUA DAN GURU MENGGUNAKAN METODE CERAMAH PLUS DI KELAS X MA NU 03 SUNAN KATONG KALIWUNGU TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
SKRIPSI KHISNIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar, Mapel Aqidah Akhlak, Menghormati Orang Tua dan Guru, Metode Ceramah Plus Latar belakang penelitian ini didasari adanya penerapan metode pembelajaran pada pelajaran Aqidah Akhlak dengan standar kompetensi bagaimana menghormati orang tua dan guru, yaitu menggunakan metode ceramh plus. Setelah metode tersebut digunakan ternyata peserta didik mampu mengamalkan sikap menghormati orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar sehingga rumusan masalahnya adalah “Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar Aqidah Akhlak materi menghormati orang tua dan guru menggunakan metode ceramah plus di kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu tahun ajaran 2022/2023?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ceramah plus di Kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun ajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini adalah di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu yang merupakan salah satu dari Madrasah Aliyah swasta yang ada di Jl.Sawahjati Plantaran Kaliwungu Selatan. Adapun tekhnik dari pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, interview wawancara metode tes dan dokumentasi. Hasil penelitiannya yaitu penerapan metode ceramah plus pertama kali memberikan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi yang dipelajari, kemudian guru mengarahkan siswa untuk melakukan diskusi kelompok dengan baik dan benar mengenai materi pelajaran tersebut, kemudian guru memberikan tugas kepada siswa setelah pembelajaran berakhir. Jika kegiatan diskusi yang dilakukan siswa belum baik dan benar, maka guru akan langsung memperbaikinya atau diadakan sesi tanya jawab sebagai langkah evaluasi dan kemudian diberikan penugasan atau posttes. Metode ceramah plus dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak tentang bagaimana cara menghormati otang tua dan guru di kelas X MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Tahun ajaran 2022/2023 yang dapat dilihat dari hasil ketuntasan pada siklus I mencapai 85%, siswa yang tuntas belajar pada siklus I adalah 18 siswa atau 61,11% sedangkan pada siklus II mencapai 100%, siswa yang tuntas belajar pada siklus II adalah 36 siswa atau 100%. (1) Penggunaan metode ceramah plus sangat bermanfaat bagi tercapainya peningkatan prestasi pembelajaran. (2) Setiap lembaga pendidikan hendaknya dapat lebih lengkap dalam penyediaan media pengajaran sehingga pembelajaran menggunakan metode ceramah plus nantinya dapat mejadi lebih baik, efektif dan tentunya menjadikan prestasi yang lebih baik. (3) Metode ceramah plus atau sering disebut dengan metode ceramah bervariasi yaitu suatu cara penyampaian informasi atau materi pelajaran melalui penuturan secara lisan divariasikan penggunanaannya dengan penyampaian atau metode lain, seperti metode diskusi, tanya jawab, tugas, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 May 2023 04:12
Last Modified: 29 May 2023 04:12
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item