Wahid Hasyim University | Digital Repository

PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NU HASYIM ASY’ARI BANJARHARJO BREBES TAHUN 2022

Ikmal, Mumtazul Fikri (2023) PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP NU HASYIM ASY’ARI BANJARHARJO BREBES TAHUN 2022. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106011173_FAKULTAS AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Problematika pendekatan saintifik, hasil belajar pembelajaran PAI. Fokus Penelitian ini adalah (1) Penerapan pendekatan saintifik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes (2) Dampak pendekatan saintifik Dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes (3) Faktor Penghambat dan Pendukung dari Problematika pendekatan saintifik Dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes. .Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui penerapan pendekatan saintifik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes (2) Mengetahui dampak Penerapan pendekatan saintifik Dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes dan (3) Mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung dari Problematika pendekatan saintifik Dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PAI Kelas VIII di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan: (1) observasi, (2) wawancara dan (3) Dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) guru telah menerapan proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar/ mengasosiasi dan mengkomunikasikan. (2) Dampak penerapan pendekatan saintifik yang dapat di lihat dari nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang telah diberikan guru pendidikan agama Islam. (3) Faktor pendukung adalah hal-hal yang membantu pembelajaran siswa di di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes baik secara internal maupun secara eksternal. Sedangkan faktor penghambat adalah hal -hal yang menghalangi atau mengganggu pembelajaran siswa di SMP di SMP NU Hasyim Asy’ari Banjarharjo Brebes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 May 2023 04:10
Last Modified: 29 May 2023 04:10
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3304

Actions (login required)

View Item View Item