Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK SIKAP SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Lulus, Fa’jrin Kharima (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK SIKAP SOPAN SANTUN MELALUI PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK KELAS X DI MAN 1 KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
SKRIPSI Lulus Fa’jrin Kharima.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Guru Aqidah Akhlak, Sikap Sopan Santun, Pembelajaran Fokus penelitian ini membahas tentang Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Melalui Pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Melalui Pembelajaran Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Kota Semarang Tahun Ajaran 2022 / 2023 dan Faktor pendukung dan penghambat serta solusi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Melalui Pembelajaran Peserta Didik Kelas X Di MAN 1 Kota Semarang Tahun Ajaran 2022 / 2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed researd) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil latar di MAN 1 Kota Semarang. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data menggunakan tiga aktivitas, yakni reduksi data, data display (penyajian data), dan kesimpulan atau verifikasi. Kemudian metode keabsahan data, yang digunakan oleh peneliti yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Aqidah Akhlak dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Melalui Pembelajaran Peserta Didik di MAN 1 Kota Semarang adalah guru sebagai pendidik dan pengajar, mediator atau sumber belajar, fasilitator, model atau teladan, korektor, organisator, informator, pembimbing, motivator, demonstrator, pengelola kelas, supervisor dan evaluator. Faktor pendukungnya adalah keluarga, faktor penghambatnya adalah gadget, dan solusinya adalah guru Aqidah Akhlak menasehati peserta didik melalui pembinaan akhlak, dan guru mampu menjadi tauladan dan contoh peserta didik untuk berperilaku yang baik, salah satunya adalah dalam pembentukan sikap sopan santun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 May 2023 04:05
Last Modified: 29 May 2023 04:05
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item