Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 4 SEMARANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2021/2022

AHMAD, SAHIDIN (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 4 SEMARANG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
166010137_Fakultas Agama Islam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Covid-19 Tujuan Pendidikan Agama Islam dapat tercapai dengan adanya pembelajaran yang efektif dimana didalam kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan dengan metode yang tepat. Pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai aspek diantara pada pendidikan, berbagai kebijakan juga telah dikeluarkan oleh pemerintah terkait hal ini. Tahun ajaran baru 2021/2022, pemerintah membuat kebijakan mengenai pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 4 Semarang tepatnya pada kelas VIII C. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi teknik (metode). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di SMPN 4 Semarang dilaksanakan secara tatap muka setiap hari dengan kapasitas 100 persen dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka guru telah melakukan perencanaan pembelajaran serta melaksanakan pembelajaran dengan baik seperti menggunakan metode, media dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi siswa. Proses pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah disusun, adapun RPP yang digunakan adalah RPP satu lembar. Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dirasa lebih efektif karena dapat berinteraksi secara langsung antara gur u dengan siswa maupun antar siswa, guru yang kompeten serta dukungan dari orang tua para siswa menjadi faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran pada saat ini. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka di masa pandemi saat ini juga memiliki kendala diantaranya adalah durasi belajar mengajar lebih pendek sehingga penyampaian materi kurang maksimal serta adanya kebiasaan baru yang harus dilakukan oleh warga sekolah seperti penggunaan masker selama berada di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 May 2023 04:03
Last Modified: 29 May 2023 04:03
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3300

Actions (login required)

View Item View Item