Wahid Hasyim University | Digital Repository

IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES

Ahmad, Najib (2023) IMPLEMENTASI METODE MANHAJI DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL HIKMAH 1 BENDA SIRAMPOG BREBES. Masters thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
AHMAD NAJIB_TESIS_18200011030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pemebelajaran, Manhaji, Kitab Kuning. Latar belakang penelitian ini adalah kelemahan para santri dalam kemampuan membaca kitab kuning. proses pembelajaran ki tab kuning, kurangnya pemahaman santri t erhadap pelajaran kitab kuning, ti dak fokusnya dalam mengikuti proses pembelajaran, terdapat santri yang masih t i dur, berceri ta dan ti dak mendengarkan ustadz/ustadzahnya dalam menyampaikan pembelajaran. Tujuan penelit ian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda (2)untuk mengetahui metode pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda (3) untuk mengetahui cara menilai hasil belajar ki tab kuning di Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda (4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dialami guru dalam membelaj arkan kitab kuning (5) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat y ang dialami siswa dalam mempelajari kitab kuning. Peneli t ian ini merupakan peneli t ian kuali tatif dengan jenis peneli t ian field research atau peneli t ian lapangan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data peneli t ian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dalam analisis data menggunakan analisis data kuali tatif model interaktif san Miles dan Huberman, yai tu terdiri dari reduksi data, penyajian dat a, dan menarik kesimpulan. Hasil peneli t ian ini menunjukkan bahwa (1) proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al Hikmah 1 Benda dilaksanakan pada pagi hari didalam kelas masing-masing. Pembelajaran kitab kuning dilakukan sesuai jadwal mata pelajaran yang tel ah disusun sekolah. (2) metode yang digunakan adalah metode bandongan, santri memberikan makna pada kitab kuningnya sesuai yang disampaikan oleh ustadz/ustadzahnya, dan penggunaan media pembelajaran tergantung dari materi yang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 29 May 2023 01:17
Last Modified: 29 May 2023 01:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3295

Actions (login required)

View Item View Item