Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI “NILAI TAWAKKAL DALAM KISAH NABI IBRAHIM” MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DI KELAS V A MI MIFTAHUL AKHLAQIYAH SEMARANG

Fitri, Rosaifi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI “NILAI TAWAKKAL DALAM KISAH NABI IBRAHIM” MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION DI KELAS V A MI MIFTAHUL AKHLAQIYAH SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106053072_FAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Peningkatan Hasil belajar, Metode Small group Discussion, Tawakkal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh: pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas V A MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang. Selama ini proses pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, mendikte dan tanya jawab sehingga menjadikan siswa hanya menerima materi secara pasif, dan gurulah yang lebih aktif, padahal tuntutan pembelajaran Akidah Akhlak sekarang siswa harus lebih banyak diberi ruang dan aktif untuk mengembangkan kemampuannya untuk memahami materi. Salah satu metode yang bisa dikembangkan untuk mewujudkan pembelajaran aktif adalah Small Group Discussion (diskusi kelompok kecil). Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : Bagaimana penerapan metode Small Group Discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi pokok Tawakkal dalam Kisah Nabi Ibrahim di kelas V A MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang ? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi pokok Tawakkal dalam Kisah Nabi Ibrahim di kelas V A MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang setelah menerapkan metode Small Group Discussion. Peningkatan hasil belajar dalam peneliataian ini antara lain : (1) Peningkatan hasil belajar per siklus dimana pra siklus ada 14 siswa atau 50%, pada siklus I ada 17 siswa atau 61% dan pada siklus II ada 25 siswa atau 89%. (2) Peningkatan aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan dimana pada siklus I ada 15 siswa atau 53% mengalami kenaikan . Kemudian peningkatan pada siklus II yaitu ada 23 siswa atau 82% Hasil yang di dapat sesuai dengan indikator yang ditentukan yaitu 80% ke atas dan hipotesis yang menyatakan metode small group discussion dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak materi pokok Tawakkal dalam Kisah Nabi Ibrahim di kelas V A MI Miftahul Akhlaqiyah Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 04:44
Last Modified: 23 May 2023 04:44
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3256

Actions (login required)

View Item View Item