Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI AS - SYUHADA’ PEDURUNGAN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023.

Afni, Ernawati (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS V MI AS - SYUHADA’ PEDURUNGAN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/ 2023. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak materi akhlak terpuji Pada Siswa Kelas V MI As Syuhada’ Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi dikelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data dari madrasah . Dengan penelian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tidakan kelas dilakukan persiklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dikelas V MI As Syuhada’ Pedurungan Semarang 2) Penerapan model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kompetensi dasar akhlak terpuji di kelas V MI As Syuhada’ Pedurungan Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini di tunjukkan dengan nilai tiap siklusnya. Kondisi awal pra siklus terdapat 17 siswa (60,72%) yang memperoleh nilai dibawah KKM, sementara 11 siswa (39,28) yang memperoleh nilai diatas KKM, dan nilai rata – rata 67,57. Pada siklus I jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 16 siswa (57,14) dan siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM adalah 12 siswa (42,86) dan nilai rata – rata 77,14. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi, jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM adalah 28 siswa (100%) dan nilai rata – rata (88,75). Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyyah
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 04:43
Last Modified: 23 May 2023 04:43
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3255

Actions (login required)

View Item View Item