Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN GURU ADAB ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN

ULYATUL, HASANAH (2023) PERAN GURU ADAB ISLAMIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MA ISLAMIYAH SENORI TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106011158_Fakultas Agama Islamfik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Adab Islamiyah dan Karakter Religius Pendidikan di usia remaja memegang peranan penting dalam mewujudkan pendidikan karakter religius peserta didik. Persoalan pembentukan karakter peserta didik sampai saat ini masih sangat diperlukan. Dalam hal ini peran guru mata pelajaran Adab Islamiyah di sekolah MA Islamiyah Senori Tuban dinilai sangat penting dalam pembentukan karakter religius peserta didik. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru Adab Islamiyah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Islamiyah Senori Tuban 2) Apa faktor pendukung dan penghambat guru Adab Islamiyah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Islamiyah Senori Tuban. Jenis penelitian di MA Islamiyah Senori Tuban ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu Peran Guru Adab Islamiyah dalam membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MA Islamiyah Senori Tuban berdasarkan data yang dikumpulkan dan hasil analisis yang dikemukakan pada bab-bab sebelumnya menunjukkan bahwa 1) Guru Adab Islamiyah dalam pembentukan karakter religius peserta didik di MA Islamiyah Senori Tuban melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat, ganjaran, dan hukuman. Dari cara yang dilakukan guru Adab Islamiyah terlihat peserta didik memiliki karakter religius. Peserta didik dapat bertutur kata dengan baik, saling tolong menolong, menghargai sesama, berperilaku sopan santun, budaya berpakaian Islami, membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) dan disiplin waktu dan aturan sekolah. 2) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter religius peserta didik antara lain yaitu: Dukungan keluarga, faktor guru, lingkungan sekolah positif. Faktor penghambat peran guru adab islamiyah dalam pembentukan karakter religius peserta didik antara lain yaitu: peserta didik, faktor lingkungan dan handphone, faktor pergaulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 04:22
Last Modified: 23 May 2023 04:22
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3243

Actions (login required)

View Item View Item