Wahid Hasyim University | Digital Repository

PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SMP LB NEGERI 1 DEMAK

Taufiq, Hidayat (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNAGRAHITA DI SMP LB NEGERI 1 DEMAK. Diploma thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
SKRIPSI TAUFIQ HIDAYAT 18106011006 CETAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembinaan Akhlakul Karimah, Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Guru PAI memiliki kemampuan khusus, seperti halnya kemampuan untuk mengendalikan dirinya, lingkunganya, mampu berinteraksi dengan baik, dan tentu harus mempunyai ilmu pengetahuan secara luas. Kemampuan tersebut tidak lain adalah agar guru mampu menjalankan peranya secara baik. Karena peran guru sebagai pendidik, motivator, pengajar, fasilitator, penggerak harus mampu memberikan pengaruh terhadap lingkungan di SMP LB Negeri 1 Demak terkhusus pada peserta didik tunagrahita Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui dan menganalisis Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita di SMP LB Negeri 1 Demak (2) Mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah pada anak berkebutuhan khusus Tunagrahita di SMP LB Negeri 1 Demak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik tunagrahita. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan teknik pengecekan keabsahan data. Kesimpulan penelitian menunjukkan: (1) Peran guru PAI di SMP LB Negeri 1 Demak dalam pembinaan akhlakul karimah pada anak tunagrahita melalui berbagai hal, yaitu dengan memberi pengetahuan, membimbing, mengarahkan, dan mencontohkan, serta menerapkanya dengan berbagai cara, dengan cara mempraktekkan. Upaya yang dilakukan guru PAI dirasa sudah sangat maksimal dalam pembinaan akhlak, Guru PAI selalu berusaha agar anak didiknya memiliki akhlak yang baik dalam dirinya. (2) Faktor pendukung bahwa di SMP LB Negeri 1 Demak memberikan fasilitas pendidikan yang cukup baik dari fasilitas sarana dan prasarana maupun tenaga pendidik yang sudah professional. Sedangkan faktor penghambat karakteristik tunagrahita bahwa dalam pembinaan akhlakul karimah pada siswa tunagrahita adalah kemampuan bicara dan ingatan kurang, tingkah laku dan interaksi yang tidak normal serta tingkah laku yang kurang begitu baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 04:12
Last Modified: 23 May 2023 04:12
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3242

Actions (login required)

View Item View Item