Wahid Hasyim University | Digital Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI CONCEPT MAPPING DALAM MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MATERI MAD DI KELAS IX SMP IT USWATUN HASANAH KOTA SEMARANG

Siti, Masruroh (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI CONCEPT MAPPING DALAM MATA PELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN MATERI MAD DI KELAS IX SMP IT USWATUN HASANAH KOTA SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106011099 _ Prodi PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Concept Mapping, Baca Tulis Al-Qur‟an Permasalahan yang di hadapai SMP IT Uswatun Hasanah Kota Semarang saat ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an. Berdasarkan data prasurvei menunjukan bahwa dari 29 peserta didik yang mencapai KKM hanya 31,03%, dari KKM yang di tetapkan SMP IT Uswatun Hasanah Kota yaitu 75. Ini merupakan bukti bahwa pembelajaran yang dilakukan belum terlaksana dengan baik, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurangnya penggunaan metode-metode pembelajaran sehingga pembelajaran belum berjalan dengan baik. Maka peneliti dalam penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran concept mapping dalam pelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an di SMP IT Uswatun Hasanah Kota Semarang. Adapun rumusan yang diajukan di dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Al-Qur‟an kelas IX SMP IT Uswatun Hasanah Kota Semarang.” Penelitian ini mengambil setting di kelas IX SMP IT Uswatun Hasanah Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukan, hasil belajar pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur‟an pra siklus 31,03 %, pada Akhir siklus I sebesar 44,83%, dan akhir siklus 2 sebesar 82,76 %. Berdasarkan hasil belajar yang diperoleh hal ini menunjukan, bahwa model pembelajaran concept mapping dapat meningkatkan hasil belajar Baca Tulis Al-Qur‟an Kelas IX SMP IT Uswatun Hasanah Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 04:11
Last Modified: 23 May 2023 04:11
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item