Robi’atul, Aliyah (2023) PENGARUH MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS AL-WATHONIYAH TLOGOSARI WETAN PEDURUNGAN SEMARANG. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.
Text
19106012047_AGAMA ISLAM.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Kata Kunci : Motivasi Intrinsik, Kreativitas Belajar, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Motivasi Intrinsik merupakan sesuatu keadaan yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang dapat mendorong dan melakukan tindakan belajar, sedangkan belajar membutuhkan suatu Kreativitas belajar untuk menghasilkan gagasan, aktivitas-aktivitas dan obyek-obyek baru, berfikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari proses belajar yang diikuti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kualitas Motivasi Intrinsik dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di MTs Al-Wathoniyah Tlogosari Wetan Pedurangan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023?, Bagaimana Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap Kreativitas Belajar Peserta Didik di MTs Al Wathoniyah Tlogosari Wetan Pedurangan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023?, Seberapa Besar Pengaruh Motivasi Intrinsik Terhadap kreativitas belajar peserta didik Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Al-Wathoniyah Tlogosari Wetan Pedurangan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023?. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research), dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis statistik. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII 4 dan 5 yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data adalah Angket. Penelitian ini menggunakan metode korelasi yaitu metode dengan menghubungkan antara variabel yang dipilih dan dijelaskan dan bertujuan untuk meneliti sejauh mana variabel pada suatu faktor berkaitan dengan variabel yang lain. Setelah data terkumpul dilakukan analisis data melalui tiga tahap yaitu, analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis dan analisis lanjutan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Tingkat kualitas Motivasi Intrinsik peserta didik MTs Al-Wathoniyah Semarang termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata angket sebesar 74,85yang terdapat dalam interval 68-83 pada tabel kategori Motivasi Intrinsik. (2) Tingkat Kreativitas Belajar peserta didik MTs Al-Wathoniyah Semarang termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditunjukan dengan nilai rata-rata angket sebesar 67,625 yang terdapat dalam interval 68-83 pada tabel kategori kualitas Kreativitas Belajar.(3) Terdapat pengaruh Motivasi Intrinsik terhadap Kreativitas Belajar siswa MTs Tuan Sokolangu Mojolawaran Gabus Pati. Hal ini dibuktikan dengan menguji pada taraf kesalahan 5% diperoleh r hitung = 0,706 dan r tabel = 0,3044. jadi r hitung > r tabel artinya korelasi positif yang signifikan. Sedangkan uji signifikan Freg dibuktikan pada taraf kesalahan 5%, diperoleh Freg = 37,843 dan Ft = 4,08 jadi Freg> Ft artinya ada pengaruh positif yang signifikan. Selanjutnya pada uji linearitas pada taraf kesalahan 5%, di peroleh Freg = 0,516 dan Ft = 2,19 jadi Freg< Ft artinya ada pengaruh positif yang linear.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eprints perpustakaan unwahas |
Date Deposited: | 23 May 2023 03:40 |
Last Modified: | 23 May 2023 03:40 |
URI: | http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3239 |
Actions (login required)
View Item |