Wahid Hasyim University | Digital Repository

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 WONOSALAM DEMAK

Nurika, Oktavia (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 WONOSALAM DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106011096_Agama Islam.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Mutu Pembelajaran Kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki peran penting guna guru dan karyawan. Kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme pendidik. Kepala sekolah harus mampu menjadi supervisor (yang mengawasi atau mengarahkan) tim yang terdiri dari guru, staf, dan siswa dalam mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien sehingga tercapai produktivitas belajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pembelajaran. Fokus dan tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Wonosalam Demak, kemudian untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Wonosalam Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu analisis yang dirancang untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu obyek penelitian melalui data yang dikumpulkan atau menggunakan informasi yang diperoleh secara langsung di lapangan. Metode keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Wonosalam Demak dapat dikatakan baik, ditinjau dari beberapa standar nasional pendidikan yaitu dari standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, dan standar kelulusan, dapat disimpulkan bahwa mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP N 2 Wonosalam Demak telah memenuhi indikator tersebut. Kemudian strategi yang digunakan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran yaitu meningkatkan kualitas mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, melakukan supervisi secara rutin, menjalin kerja sama yang baik dengan masyarakat, dan mendukung kegiatan-kegiatan yang menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 03:24
Last Modified: 23 May 2023 03:24
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3236

Actions (login required)

View Item View Item