Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS VII DI MTs ASY SYARIFIYAH GUNTUR DEMAK TAHUN 2022-2023

Nia, Lailatus Saadah (2023) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS VII DI MTs ASY SYARIFIYAH GUNTUR DEMAK TAHUN 2022-2023. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
181060611127_FAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Metode Drill, Hasil Belajar Al-Qur‟an Hadits. Pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting dalam menetukan keberhasilan seorang guru dalam mengajar maupun mendidik terhadap peserta didiknya. Mata pelajaran Al-Qur‟an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran rumpun PAI yang menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar. Metode dalam belajar sangat dibutuhkan untuk memicu perkembangan siswa di dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan:(1) Untuk mengetahui penerapan metode drill dalam meningkatkan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits pada siswa kelas VII. (2) Untuk mengetahui seberapa besar metode drill dapat meningkatkan hasil belajar Al Qur‟an Hadits pada siswa kelas VII. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Obervasi, (4) Refleksi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian upaya peningkatan hasil belajar Al-Qur‟an Hadits melalui metode drill pada siswa kelas VII di MTs Asy-Syarifiyah Guntur Demak Tahun 2022-2023 diperoleh nilai hasil belajar dengan KKM 75 tiap siklusnya dimana prasiklus yakni 18 siswa atau 56,25% mengalami kenaikan pada siklus I yakni 23 siswa atau 71,87% dan pada siklus II mengalami peningkatn yang signifikan yaitu ada 28 siswa atau 81,50 % sehingga dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 03:22
Last Modified: 23 May 2023 03:22
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3235

Actions (login required)

View Item View Item