Wahid Hasyim University | Digital Repository

UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SOPAN SANTUN SISWA MELALUI KEGIATAN BERBASIS PESANTREN DI MA AL-ADZKAR MRANGGEN DEMAK

Felix, Izza Aminu (2023) UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SOPAN SANTUN SISWA MELALUI KEGIATAN BERBASIS PESANTREN DI MA AL-ADZKAR MRANGGEN DEMAK. Skripsi thesis, Universitas Wahid Hasyim.

[img] Text
18106011032_FAKULTAS AGAMA ISLAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Karakter Religius Sopan Santun dan Kegiatan Berbasis Pesantren Sopan santun bisa dianggap sebagai norma tidak tertulis yang mengatur bagaimana seharusnya kita bersikap dan berperilaku. Perilaku sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari-hari setiap orang. Karena dengan menunjukkan sikap sopan-santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi keberadaannya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antar sesama manusia sudah tentu memiliki norma-norma dalam melakukan hubungan dengan orang lain, dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penelitian yang pengumpulannya dilakukan di lapangan dan bersifat kualitatif yang ditujukan (1) Untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter religius sopan santun siswa melalui kegiatan berbasis Pesantren. (2) Untuk mendeskripsikan Upaya Guru dan Kepala Sekolah dalam membentuk karakter religius sopan santun siswa melalui Berbasis Pesantren di MA Al-Adzkar Mranggen Demak. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius sopan santun siswa berbasis Pesantren di MA Al-Adzkar Mranggen Demak. Hasil penelitian ini bahwa Upaya Pembentukan Karakter Religius Sopan Santun Siswa melalui Kegiatan Berbasis Pesantren di MA Al-Adzkar Mranggen Demak. Sangatlah penting dalam pembentukan karakter religius sopan santun siswa melalui kegiatan berbasis pesantren seperti mujahadah bersama, membaca asmaul husna, sholat dhuha berjamaah dan sholat dzuhur berjamaah. Melalui kegiatan membaca asmaul husna siswa dilatih untuk mengamalkan 99 sifat allah swt. Melalui kegiatan mujahadah siswa dilatih untuk selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan segala hal, baik yang berhubungan dengan ibadah maupun bermasyarakat. Melalui kegiatan sholah dhuha peserta didik dilatih untuk selalu mensyukuri nikmat Allah SWT yang telah diberikan kepada umatnya dengan diwujudkan melalui sholat dhuha dan juga kegiatan sholat dzuhur berjamaah siswa dilatih untuk memeliki tanggung jawab yang sudah diperintahkan oleh allah. Dengan adanya kegiatan ini siswa akan menjadi anak yang berkarakter baik (adab, tata krama atau sopan santun yang baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eprints perpustakaan unwahas
Date Deposited: 23 May 2023 03:17
Last Modified: 23 May 2023 03:17
URI: http://eprints.unwahas.ac.id/id/eprint/3233

Actions (login required)

View Item View Item